12 July 2021, 13:13 WIB

Kecelakaan di Tol Pemalang, 8 Penumpang Bus Tewas


Akhmad Safuan | Nusantara

KECELAKAAN di Jalan Tol Trans Jawa KM 308 jalur A di Desa Saradan, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, melibatkan bus dengan nomor polisi AD 1626 CU dengan sebuah truk box B 9281 SXR. Kecelakaan itu mengakibatkan delapan penumpang bus tewas.

Kedua kendaraan besar yang terlibat kecelakaan pada Minggu (11/7) itu telah dievakuasi ke Kantor Satlantas Polres Pemalang. Namun, belasan korban yang sebagian besar adalah penumpang bus Sudiro Tungga Jaya masih menjalani perawatan di tiga rumah sakit yakni RS Siaga Medika, RS Prima Medika dan RS Santa Maria Pemalang karena luka cukup parah.

Sementara untuk korban meninggal dunia yang juga merupakan penumpang bus yakni Pardi (45), Mulyani (58), Sukardi (49), Sumarto (61), Margono (55), Indriyanto (28), Joko Susilo (30) dan Faiz Zainudin Lutfi (28).

"Pada saat kejadian baru tujuh penumpang yang tewas, jelang malam tambah satu lagi hingga total ada delapan orang meninggal," kata Kepala Polres Pemalang Ajun Komisaris Besar Ronny Tri Prasetyo Nugroho.

Baca juga: 44 Orang Selamat dari Kecelakaan Kapal Feri KMP Yunice

Kecelakaan yang terjadi di Jalan Tol Trans Jawa Pemalang ini, ucap Ronny Tri, berawal dari bus PO Sudiro Tungga Jaya dikemudikan oleh Sigit Prasetyo melaju dari arah barat (Jakarta) menuju ke timur (Semarang) dengan kecepatan tinggi, namun sampai di lokasi kejadian berupaya menghindari truk di depannya yang oleng ke kanan.

Namun, karena kecepatan tinggi dan jarak yang cukup dekat, bus membentur bagian belakang truk hingga mengakibatkan bus oleng kemudian membentur gordir di bahu jalan lalu terbalik. Penumpang pun terlempar keluar dari bodi bus.

Mendapatkan laporan kecelakaan tersebut, petugas kepolisian langsung ke lokasi dan mengevaluasi para korban ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

"Petugas laka lantas masih lakukan penyelidikan dan pendalaman kasus itu sekarang," tuturnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT