01 July 2021, 14:30 WIB

Sejumlah Organisasi Sosial Bantu Percepatan Vaksinasi di Kota Surakarta


Widjajadi | Nusantara

Warga Kota Surakarta (Solo), Jawa Tengah, terus menerima limpahan vaksinasi covid-19. Tidak hanya oleh pemerintah daerah, tapi juga datang dari banyak institusi dan organisasi.

Setelah vaksinasi massal untuk 10 ribu warga dari TNI dan Polri,  giliran Yakkum, Perkumpulan Masyarakat Surakarta dan Rotary Solo juga akan menggelar akselerasi vaksin. Kali ini, vaksin untuk 400 warga per hari, dan mulai digulirkan 12 Juli-8 September 2021.

"Program akselerasi vaksin sebanyak 10 ribu dosis atau 400 warga per hari, selama 25 hari, mulai 12 Juli nanti adalah  untuk membantu Pemkot Surakarta dalam percepatan vaksinasi covid-19, yang ditargetkan menyasar 400 ribu warga," ungkap Ketua Panitia  Akselerasi dr Yulita Ruly Titisari  dalam jumpa pers, di Paragon Mall, Kamis (1/7).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surakarta, Siti Wahyuningsih menegaskan, Pemkot terus menggandeng banyak pihak agar program percepatan vaksinasi untuk memberikan kekebalann komunal itu bisa dituntaskan tahun ini.

"Mestinya memang program vaksinasi sampai tahun depan. Tapi dengan adanya instruksi Presiden Jokowo, bahwa Desember tahun ini harus selesai, maka pemerintah kota bekerja keras, menggandeng banyak pihak, mulai TNI-Polri dan institusi dan organisasi sosial kemasyarakan untuk ikut membantu," lanjut Siti.

Dengan menggandeng organisasi sosial dan kesehatan seperti Rotary Solo, PMS, Yakkum, PMI dan institusi lain seperti Universitas Sebelas Maret diharapkan program vaksinasi yang sudah dilaksanakab kepada 175 ribu lebih warga itu, bisa dikebut hingga menyasar 400 ribu warga.

Siti menambahkan kasus harian covid-19 di Kota Solo hingga awal Juli ini masih sulit dibendung. Jumlah warga terpapar masih terus bertambah.

"Untuk itu, Pemkot bersama Satgas Covid-19, bersama elemen pendukung, tak kenal lelah menyediakan vaksin yang diperlukan. Sebentar lagi akan ada vaksin gotong royong. Pokoknya segala celah untuk percepatan vaksinasi terus kita dorong. Ini Yakkum, Rotary dan PMS berikan fasilitas, langsung kita terima. Yang lain akan menyusul," imbuhnya.

Program akselerasi yang digalang Yakkum, Rotary dan PMS sebanyak 10 ribu dosis itu akan digelar di Paragon Mall, mulai 12 Juli-8 September. "Dibagi dalam dua tahap, 17 Agustus kita tetap buka akselerasi vaksinasi ini," ungkap Febry Dipokusumo dari Rotary Solo.

Indiyati Willy Santosa dari PMS juga menegaskan, untuk kemanusiaan, organisasi kemasyarakatan yang didirikan banyak pengusaha itu akan terus terlibat dan bahu membahu sebagai upaya membantu percepatan vaksinasi.

"Baik lewat program akselerasi, serbuan vaksin dari TNI-Polri, maupun dari pihak manapun yang mau bergabung," katanya.

Yakkum sebagai organisasi yang bergerak di bidang kesehatan, seperti dikatakan ketuanya dr Daniel Santosa juga menggelar vaksinasi di 12 rumah sakit di bawah naungan Yakkum yang tersebar di Solo, Yogyakarta, Semarang dan Lampung. (N-2)

BERITA TERKAIT