01 July 2021, 02:19 WIB

Pemkab Brebes Karantina Ratusan RT


Supardji Rasban | Nusantara

UNTUK mengurangi penyebaran virus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Brebes, Jawa Tengah akan melakukan lockdown di 183 rukun tetangga atau RT yang masuk dalam zona merah, mulai Kamis (1/7). Selain itu sejumlah tempat keramaian seperti alun alun Brebes taman serta tempat pariwisata ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Bupati Brebes, Idza Priyanti usai menggelar koordinasi terkait penanganan dan pencegahan Covid-19 di di pendopo rumah dinas (rumdin) bupati, Rabu (30/6) mengatakan selama pemberlakukan lockdown di RT  zona merah, Pemkab melarang kegiatan masyarakat yang menimbulkan keramaian. 

"Selama pemberlakuan lockdown kita akan menurunkan petugas untuk mengawasi dan memastikan agar karantina di RT zona merah tersebut berjalan dengan baik sehingga akan bisa menekan kasus Covid-19 yang semakin tinggi," jelasnya.

Lebih jauh, Idza Priyanti  menuturkan dengan membludaknya pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD Brebes hingga tak tertampung, pihak rumah sakit akan melakukan koordinas dengan call center Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat. "Untuk mengarahkan rumah sakit mana yang siap menerima pasien Covid-19 dirawat, sehingga tidak akan ada lagi pasien Covid-19 yang terlantar," tutur Idza.

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Brebes, Djoko Gunawan mengatakan Dari 8.421 RT ada 183 RT yang masuk zona merah dan semua kegiatan masyarakat di lingkungan RT zona merah tersebut akan dibatasi. "Kita juga menutup tempat-tempat keramaian serta destinasi wisata," ujarnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT