30 June 2021, 07:45 WIB

Evakuasi KMP Yunice, TNI AL Kerahkan dua KRI


Cahya Mulyana | Nusantara

DUA Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) Rigel-933 dengan komandan Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim dan Soputan-923 yang dikomandani Letkol Laut (P) Nana Masihna membantu evakuasi kapal feri KMP Yunice. Kapal naas itu tenggelam diperairan Selat Bali, yang masuk wilayah Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jimbaran Bali, Selasa (29/6) malam saat hendak menuju Dermaga LCM.

"Dalam aksinya, salah satu dari kedua KRI TNI AL yaitu KRI Rigel-933 di bawah jajaran Pushidrosal berhasil menemukan life craft. Kemudian itu diangkat dengan mengunakan crane untuk selanjutnya diamankan di buritan KRI Rigel-933," ungkap keterangan resmi dari Dinas Penerangan Angkatan Laut, Rabu (30/6).

Penemuan Life Craft penumpang KMP Yunice tersebut diketahui berasal tidak jauh dari sebelah barat Dermaga Gilimanuk yang berjarak 1 Nautical Miles. KMP Yunice yang terbalik dan tenggelam di perairan Bali tersebut terjadi pada 19.20 WITA.

Sampai saat ini pelaksanaan evakuasi terus di lakukan TNI AL bersama Basarnas, TNI-Polri dan instansi lainnya untuk dapat mengevakuasi penumpang KMP Yunice yang berjumlah 41 orang.

Kapal Ferry yang mengalami naas ini diawaki 15 orang ABK dengan mengangkut kendaraan sebanyak 40 unit terdiri dari pick up 17 unit, kendaraan keluarga 2 unit dan truk Sedang sebanyak 18 unit serta sepeda motor 3 unit. (OL-13)

Baca Juga: Arus Laut Mencapai 1 meter per detik saat KMP Yunicee Tenggelam

BERITA TERKAIT