29 June 2021, 14:35 WIB

PDIP Alihkan Dukungan ke Takem-Herman di PSU Pilkada Sabu Raijua


Palce Amalo | Nusantara

PARTAI Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengalihkan dukungan ke pasangan Takem Radja Pono - Herman Hegi Radja (Takem-Herman) di Pemunggutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Sabu Raijua, NTT.

Hal ini karena pasangan Orient Riwu Kore-Thobias Ully yang diusung PDIP bersama Demokrat, didiskualifikasi oleh Mahkamah Konstitusi terkait status kewarganegaraaan calon bupati. Sebelumnya, pasangan tersebut meraih 21.359 suara (48,3%) pada pilkada serentak 9 Desember 2020.

Wakil Ketua Bappilu DPD PDIP NTT Cen Abubakar mengatakan, pengalihan dukungan sesuai instruksi DPP PDIP No:2.037/IN/DPP/VI/2021 tertanggal 28 Juni 2021, yang ditandatangani Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto dan Sekretaris Hasto Kristiyanto.

"Salah satu indikator dukungan PDIP ialah hasil survei, kemudian DPC dan DPD menggelar rapat dan mengusulkan kepada DPP yang kemudian mengeluarkan surat keputusan yang sifatnya instruksi," katanya dalam jumpa pers di Kupang, Selasa (29/6) siang.

Sesuai instruksi tersebut, selururh jajaran struktur partai, petugas partai di ekeskutif dan legislatif, kader dan anggota partai diminta lebih aktif melakukan konsolidasi atau turun ke bawah untuk melakukan gerakan mendatangi pemilih (door to door). Mereka juga diminta melakukan penggalangan pemilih dan mempersiapkan saksi pemenangan pilkada dengan sebaik-baiknya. Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan mengamankan peroleh suara.

Sejumlah kader PDIP juga hadir dalam jumpa pers tersebut antara lain Wakil Sekretaris Bidang Program, Simon Nili dan dua anggota Fraksi PDIP Sabu Raijua, Leonidas Adu dan Lazarus Riwu Rohi. "Hari ini dan besok kami turun ke Sabu Raijua untuk menjalankan instruksi DPP," kata Cen Abubakar.

Menurutnya, PDIP bukan pengusung pasangan Takem-Herman, melainkan sebagai pendukung, akan tetapi, kebiasaan PDIP setelah diberikan tanggungjawab seperti itu, akan bekerja keras memenangkan pasangan tersebut.

Cen mengatakan sebagai pemenang pada pemilu presiden dan pilkada serentak 2020, pihaknya sudah menganalisasi per wilayah dan memastikan kemenangan Takem-Herman. Dia juga memastikan massa pendukung pasangan sebelumnya, akan bersama-sama memberikan dukungan penuh kepada Takem-Herman.

"PDIP tetap solid, salah satu indikatornya hasil survei pada Juni 2021," ujarnya.

PSU Pilkada Sabu Raijua akan digelar pada 7 Juli 2021 diikuti pasangan Takem-Herman dan pasangan Nikodemus Rihi Heke-Yohanes Uly Kale yang meraih 13.292 atau 30,1% pada pilkada 9 Desember 2020, sedangkan pada pilkada sebelumnya, Takem-Herman meraih 9.569 suara atau 21,6%. (OL-13)

Baca Juga: Pengacara Palestina Susun Kasus Baru tentang Korban Perang dengan Israel

 

BERITA TERKAIT