28 June 2021, 18:46 WIB

Stok Obat dan Oksigen di RSUD Brebes Menipis


Supardji Rasban | Nusantara

STOK obat dan oksigen cair di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brebes Jawa Tengah, semakin menipis. Tidak hanya itu termasuk juga kekurangan tenaga medis serta daya tampung pasien covid-19 sudah melebihi dari yang tersedia.

Hal itu terungkap saat Bupati Brebes Idza Priyanti, menggelar pertemuan dengan berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan/Dinkes, RSUD Brebes dan Kapolres dan Dandim 0713 Brebes di pendopo rumah dinas (rumdin) Bupati Brebes, Senin (28/6).

Baca juga: Poltekkes Malang Siapkan Sentra Vaksinasi tanpa Syarat Domisili
     
"Guna menutupi stok obat dan oksigen cair kita sudah meminta bantuan kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah/Pemprov untuk mengirim bantuan obat obatan dan oksigen cair agar pasien yang menjalani perawatan bisa tertangani dengan baik," ujar Idza.

Bupati juga meminta pihak Pemprov Jateng mempercepat pengiriman vaksin. "Untuk persiapan vaksinasi tahap dua," jelas Idza.

Kadinkes Brebes Sartono, menyebut terjadi ledakan pasien covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit sehingga puskesmas yanga ada akan disiapkan untuk kadaruratan dan alternatif terakhir penanganan pasien covid-19.
     
"Kita juga sedang mencari relawan untuk menutupi kebutuhan di rumah sakit yang akan diambil dari akademi perawat," ucap Sartono.

Data terakhir dari RSUD Brebes jumlah pasein covid-19 yang menjalani perawatan terjadi overload. Pasien covid-19 ada 161 orang, sedangkan daya tampung yang ada hanya untuk 159 pasien. (H-3)

BERITA TERKAIT