23 June 2021, 20:46 WIB

Pengungsi Terpapar Covid-19, Akses ke Kampung Cingkeuk Disekat


Benny Bastiandy | Nusantara

AKSES menuju ke lokasi tanah longsor di Kampung Cingkeuk Desa Cibokor Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mulai dilakukan penyekatan. Upaya itu pascaterpaparnya puluhan pengungsi di dua RT di satu kampung setelah dilakukan rapid test antigen.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, menuturkan pos penyekatan bertujuan mencegah keluar-masuknya masyarakat. Dengan penyekatan itu diyakini tidak akan memperluas penyebaran covid-19. "Di sana dibuat pos penyekatan di dua RT di satu kampung agar mobilisasi orang bisa terkendali," ucap Yusman, Rabu (23/6).

Awalnya, warga pengungsi yang diketahui terpapar covid-19 sebanyak 56 orang. Namun dari hasil pemeriksaan kesehatan kembali, jumlah warga terpapar sebanyak 76 orang.

Warga pengungsi yang terpapar saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Hal itu karena saat ini masa tanggap darurat bencana sudah berakhir.

Untuk penatalaksanaan selanjutnya, sebut Yusman, bersama Forkopimcam dan Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Cibeber dan Desa Cibokor membuat pos di dua RT. Pemantauan kesehatan pun dilakukan tim kesehatan Puskesmas Cibeber hampir setiap waktu. "Petugas Puskesmas Cibeber melaksanakan piket di lokasi," tuturnya.

 

Warga yang tengah menjalani isolasi mandiri, lanjut Yusman, dipenuhi kebutuhan dasar mereka sehari-hari. Bantuan berasal dari berbagai instansi yang tergabung pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur. (OL-14)

BERITA TERKAIT