23 June 2021, 17:58 WIB

Ratusan Anak di Kota Malang Terpapar Covid-19


Bagus Suryo | Nusantara

RATUSAN anak di Kota Malang, Jawa Timur, terpapar covid-19. Kasus itu terdeteksi selama sekolah daring.

"Angka covid-19 kategori anak memang masih ada, jumlahnya sekitar 200-an," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif, Rabu (23/6).

Pemicu positif covid-19 pada anak lantaran tertular anggota keluarga, lingkungan luar rumah saat bermain dan anak diajak orangtua ke pusat keramaian.

"Sumber penularan bisa dari anggota keluarga, bisa saja dari luar rumah saat bermain, diajak orangtua ke pasar atau ke tempat lain," ungkapnya.

Baca juga: SDM jadi Penyebab Minimnya Ruang Rawat Intensif untuk Anak

Sesuai data Dinas Kesehatan Kota Malang, sebanyak 253 anak positif covid-19 sejak awal pandemi. Sampai Senin (21/6) tercatat 136 anak umur di bawah lima tahun terpapar virus korona. Sedangkan 117 anak usia 6-10 mengalami hal serupa. Data itu hasil analisis selama sekolah daring.

Sejauh ini, Dinkes belum mengetahui data anak yang sembuh, menjalani perawatan dan meninggal dunia akibat covid-19. Kendati demikian, sejak beberapa bulan terakhir, Pemkot Malang menerapkan sekolah tatap muka.

Namun yang jelas, lanjutnya, peran orangtua sangat vital dalam mengawasi anak agar tidak sering beraktivitas di luar rumah. Selain itu, disiplin menerapkan protokol kesehatan menjadi yang utama selama di rumah maupun luar rumah.(OL-5)

BERITA TERKAIT