23 June 2021, 11:47 WIB

Pengerjaan Tol Palembang-Betung Dikebut


Dwi Apriani | Nusantara

PEMBANGUNAN Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Palembang-Betung terus dikebut. Jalan tol Palembang-Betung, yang merupakan prioritas seksi lanjutan setelah jalan tol Kapal Betung tahap satu yakni tol Kayu Agung- Palembang rampung dikerjakan beberapa waktu lalu, saat ini pengerjaannya sudah mencapai 18%.

Deputy Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung PT Waskita Sriwijaya Tol Yusuf Ar Rosadi menjelaskan, untuk pembangunan tahap kedua, pihaknya saat ini fokus menyelesaikan pembangunan dari Gate Tol Keramasan Palembang sampai Gate Tol Sungai Rengas Banyuasin sepanjang 20 kilometer. Gate Tol Sungai Rengas ini ditarget selesai pada 2022 mendatang.

"Di tol Palembang-Betung ada tiga exit tol Sungai Rengas, Pangkalan Balai dan Betung. Untuk Sungai Rengas mudah-mudahan sudah fungsional tahun depan," ujarnya, Rabu (23/6).

Baca juga: Lebih dari 10 Desa Di Lembata Dikeluarkan Dari Kawasan Hutan

Dijelaskannya, untuk pembebasan lahan jalan tol yang memiliki panjang 69 kilometer tersebut pada seksi Keramasan-Sungai Rengas mencapai 95%.

Sementara ruas Pangkalan Balai sampai saat ini masih terkendala, dengan pihak Waskita Sriwijaya Tol masih tahap negosiasi dengan para pemilik lahan.

"Pangkalan Balai-Betung belum sama sekali, kita masih tahap negosiasi dan sosialisasi. Sampai akhir tahun ini kita target pekerjaan keseluruhan 35%," tegas Yusar.

Sementara itu, untuk proses penyelesaian jalan tol Keramasan sampai ke ruas Betung direncanakan ditargetkan dikerjakan kembali pada 2023
mendatang.  

Meski demikian, pekerjaan ruas Betung diakui Yusuf tidak menutup kemungkinan dilakukan secara paralel berbarengan dengan penyelesaian exit tol Sungai Rengas.

"Kalau ada pendanaan masuk, ya penyelesaiannya bisa saja dikerjakan bersamaan. Tapi, sekarang, yang jelas kita fokus mengejar penyelesaian exit tol Sungai Rengas," pungkasnya. (OL-1)

BERITA TERKAIT