22 June 2021, 20:25 WIB

Penutupan Objek Wisata Di Bandung Barat Diperpanjang


Depi Gunawan | Nusantara

PEMKAB Bandung Barat, Jawa Baray memutuskan memperpanjang penutupan objek wisata hingga 5 Juli mendatang karena wilayah tersebut masih dalam status zona merah atau resiko tinggi penyebaran Covid-19. Pemkab akan segera membuat surat edaran terkait perpanjangan penutupan objek wisata ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bandung Barat, Asep Sodikin menyatakan, keputusan ini sesuai surat edaran dan instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). "Jadi saran dari pemerintah pusat untuk memperketat PPKM Mikro harus digaungkan. Jangan sampai masyarakat tetap berkeliaran bebas, terutama di zona merah," kata Asep, Selasa (22/6).

Perpanjangan penutupan objek wisata tersebut tujuannya untuk meminimalisir mobilitas masyarakat karena penyebaran Covid-19 di Bandung Barat masih cukup tinggi dan belum ada tanda-tanda mengalami penurunan. Dia menjelaskan, dalam surat edaran Kemendagri disebutkan pula bahwa objek wisata yang berada di zona merah harus ditutup. Tetapi untuk di zona oranye atau zona kuning bisa dibuka asalkan ada pembatasan kapasitas pengunjung 25 persen.

"Kalau Bandung Barat sudah diturunkan jadi zona oranye, kita akan buat surat edaran lagi untuk buka, tapi kapasitasnya 25 persen," ungkap Asep.

Sebelumnya, Pemkab Bandung Barat menginstruksikan pengelola wisata menutup sementara kunjungan wisata sejak 16 Juni hingga 22 Juni 2021. Namun, disaat menjelang kunjungan kembali dibuka, pemerintah kembali memutuskan memperpanjang penutupan objek wisata. (OL-15)

BERITA TERKAIT