22 June 2021, 19:46 WIB

Kebumen Bentuk Enam Tim Khusus Covid-19


Lilik Darmawan | Nusantara

DALAM empat hari terakhir, kasus covid-19 di Kebumen, Jawa Tengah  (Jateng) melonjak hingga 100%. Jika empat hari lalu, kasus aktif tercatat 300 orang, kini telah mencapai 778 orang positif covid-19.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan bahwa pihaknya langsung  membentuk enam tim untuk mengantisipasi kenaikan kasus covid-19. "Enam tim penanganan kasus covid-19 langsung bekerja sesuai dengan pekerjaan masing-masing," ujar Bupati dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (22/6).

Dijelaskan Bupati, tim pertama disebut sebagai tim perizinan dan dokumen. Tim ini nanti bertugas untuk mengatur dan mengawasi seluruh  perizinan kegiatan di masyarakat. "Perizinan harus diperketat lagi," tegas Bupati.

Kedua adalah tim tracking yang bertugas mentracking penyebaran virus corona, siapa saja yang terpapar segera didata dan dilakukan penanganan. Ketiga, tim vaksin yang bertugas mengupayakan pelaksanaan vaksin untuk masyarakat utamanya untuk zona merah dan oranye.

Kemudian, yang keempat adalah tim pencegahan yang bertugas mengkampanyekan pentingnya protokol kesehatan di masyarakat dan terus memantau kondisi di lapangan. Kelima, tim karantina, yang bertugas menyiapkan segala kebutuhan medis untuk para pasien yang terpapar covid termasuk ketersediaan obat, oksigen ruang isolasi, stok oksigen dan  lainnya. 

"Sedangkan keenam adalah tim posko covid-19, dimana seluruh desa harus kembali membentuk tim posko penanganan covid-19 di wilayahnya  masing-masing," jelasnya. (OL-15)

BERITA TERKAIT