22 June 2021, 09:05 WIB

Karena Viral, Perekam Perwira Pukul Bawahan di Polda Riau Diburu


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara

POLDA Riau menyatakan pihaknya tengah memburu perekam video CCTV yang memperlihatkan aksi pemukulan perwira berpangkat Kompol, RW kepada petugas jaga Bripda FZ. Aksi pemukulan itu kini viral di media sosial.

Alasan polisi memburu perekam video tersebut, karenaa rekaman video yang terjadi pekan silam itu diambil secara ilegal dan merupakan suatu pelanggaran. Sementara aksi pemukulan perwira terhadap petugas jaga tersebut belum jelas penanganannya.

"Akses ilegal yang dilakukan dengan merekam video dari CCTV milik Polda Riau merupakan pelanggaran serta perbuatan melawan hukum," dalih Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto, Selasa (22/6).

Saat ini, kata Sunarto, pihaknya tengah berfokus untuk mengusut penyebaran video tersebut karena dinilai merupakan perbuatan melawan hukum.

Sunarto menilai penyebaran dan pengambilan video tak dapat dilakukan secara bebas. Apalagi terdapat aturan hukum yang dapat dipergunakan untuk menjerat pelaku.

"(Ini jelas) Perbuatan melawan hukum, tidak bisa (penyebaran video) dilakukan secara bebas. Ini melanggar UU ITE," ujarnya.

Sunarto pun mengatakan bahwa peristiwa pemukulan itu sendiri sudah ditangani secara internal oleh Polda Riau.

"Jadi bagi anggota Polda Riau yang tidak bisa dan mampu memberikan pelayanan dengan secara baik, tentu ada sanksi menanti mereka," pungkasnya.

Sebelumnya, terdapat sejumlah video yang viral memperlihatkan Kompol RW turun dari mobil dinas yang ditumpanginya di depan pos jaga Mapolda Riau. Di dalam video tersebut terlihat Bripda FZ yang tengah berjaga.

Tanpa tedeng aling-aling, Kompol RW meninju Bripda FZ dengan tangan kanannya hingga korban sempoyongan dan terjatuh. Hingga kini, belum diketahui pasti alasan Kompol RW meninju rekannya sesama anggota polisi. (OL-13)

Baca Juga: Klaster Perkantoran Picu Kasus Covid-19 di Sikka Naik Drastis

BERITA TERKAIT