21 June 2021, 11:15 WIB

Pemkab Malang akan Bangun Pendaratan Ikan di Enam Lokasi


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan mengembangkan tempat pelelangan ikan (TPI) di enam lokasi pesisir selatan yang membentang mulai timur-barat.

"Pembangunan TPI untuk menstabilkan harga agar nelayan mendapatkan harga yang tinggi," kata Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Malang Victor Sembiring, Senin (21/6).

Selama ini, fasilitas TPI hanya di pantai Sendangbiru, Pondokdadap, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pasar ikan itu belum dikelola secara optimal kendati Pemerintah Provinsi Jatim sudah menerima Integrated Cold Storage (ICS) tiga tahun lalu dari pemerintah pusat.

Karena itu, Pemkab Malang segera membangun enam TPI lainnya yang menghubungkan pesisir timur-barat mulai pantai Kondang Merak di barat, Sendangbiru Timur, Kondang Buntung, Tamban, Wedi Awu, Pujiharjo sampai timur Pantai Licin.

Baca juga: Koperasi Ingin Kelola Tempat Lelang Ikan

Rencana pembangunan fasilitas pendaratan ikan itu prosesnya sudah memasuki penyusunan studi kelayakan dan perencanaan teknis.

"Sekarang masuk FS (feasibility study) dan DED (detail engineering design) proses lelang nilainya Rp200 juta. Nantinya nilai proyek keseluruhan menunggu hasil kajian, pastinya miliaran," imbuhnya.

Di pantai selatan Kabupaten Malang memiliki potensi perikanan yang besar. Produksi ikan tuna, cakalang dan tuna mencapai sekitar seribu ton per tahun.

Ikan hasil tangkap sebanyak itu dihasilkan sekitar 4.600 nelayan yang menggunakan kapal sekoci berkapasitas 7-12 gross tonage (GT) sebanyak 380 unit, kapal 10-20 GT sebanyak 52 unit, dan kapal motor kecil di bawah 5 GT sebanyak 260-300 unit.(OL-5)

BERITA TERKAIT