18 June 2021, 21:03 WIB

Polwan Sat Binmas Polrestabes Medan Diduga Terlibat Percaloan Bintara


Yoseph Pencawan | Nusantara

POLDA Sumut mendapat indikasi kuat bahwa LA terlibat dalam praktik percaloan seleksi calon siswa Bintara Polri tahun angkatan 2021. Bid Propam saat ini sedang mengusut praktik percaloan calon siswa (casis) Bintara yang diduga melibatkan seorang personel polwan yang bertugas di Polrestabes Medan.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan itu. "Yang bersangkutan (seorang polwan) saat ini sudah diamankan Bid Propam," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (18/6).

Untuk saat ini dia baru bisa membeberkan bahwa polwan berinisial LA tersebut berpangkat Brigadir Polisi Kepala atau Bripka. Sudah setahun terakhir ini dia bertugas di Sat Binmas Polrestabes Medan. Bripka LA diamankan Bid Propam Polda Sumut setelah terindikasi terlibat dalam praktik percaloan Casis Bintara Polri TA 2021.

Dalam pengusutannya, Bid Propam juga meminta keterangan puluhan casis dan puluhan orang yang diduga sebagai joki (pihak yang menggantikan calon menghadapi ujian). Berdasarkan informasi yang diperoleh di lapangan, kasus ini terbongkar dari laporan seorang casis yang melihat ada kejanggalan saat mengikuti ujian.

 

Adapun Bripka LA disebut menangani percaloan terhadap 28 casis. Modus yang digunakan yaitu menugaskan joki untuk masing-masing casis. Untuk menyamarkan modus ini, para joki didatangkan dari berbagai daerah lain di luar Sumut seperti Jakarta dan Bandung. (OL-14)

BERITA TERKAIT