16 June 2021, 06:58 WIB

Bupati Klaten Buka TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX


Djoko Sardjono | Nusantara

BUPATI Klaten Sri Mulyani membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II dan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) IX 2021 di halaman Pendopo Pemkab Klaten, Selasa (15/6).

Pembukaan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX dihadiri Komandan Kodim 0723 Klaten Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo, Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu, dan kepala OPD (organisasi perangkat daerah), dan para camat.

Pasiter Kodim 0723 Klaten Lettu (Arh) Warsono, selaku perwira pelaksana kegiatan, melaporkan TMMD Sengkuyung II dilaksanakan di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, dan KBMKB IX di Desa Basin, Kecamatan Kebonarum.

Baca juga: Polisi Banjarmasin Gagalkan Penyelundupan Sabu lewat Sungai

Kegiatan TMMD Sengkuyung II dan KBMKB IX dilaksanakan selama 30 hari, mulai 15 Juni hingga 14 Juli 2021.

Sasaran kegiatan fisik adalah betonisasi jalan 710 meter dan lebar 3 meter, serta rehap satu unit tempat ibadah.

Adapun sasaran kegiatan nonfisik, lanjut Lettu Warsono, yakni sosialisasi pencegahan covid-19, posyandu, dan posbindu.

Selain itu, kegiatan pelayanan keluarga berencana (KB) dan penyuluhan wawasan kebangsaan.

"Untuk tenaga kerja, setiap hari melibatkan 105 orang. Mereka dari unsur TNI sebanyak satu SST plus atau 40 orang, Polri 5 orang, teknisi 2 orang, aparat desa 5 orang, dan masyarakat 53 orang," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani, dalam sambutannya, mengatakan kegiatan TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dalam upaya mendukung percepatan pembangunan di wilayah.

"Kegiatan TMMD dan KBMKB dengan tema “wujud sinergi membangun negeri itu juga merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat," jelasnya .

Menurut Sri Mulyani, kegiatan TMMD yang rutin dilaksanakan setiap tahun telah banyak manfaatnya bagi masyarakat. Dengan kemanunggalan TNI, kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah diharapkan bisa terwujud.

"Saya berharap masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD dan KBMKB, agar berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan TNI selama 30 hari itu. Sehingga, sasaran yang diharapkan masyarakat dapat terwujud," imbuhnya.

Pembukaan kegiatan TMMD Sekuyung II dan KBMKB IX di halaman Pendopo Pemkab Klaten, ditandai dengan penyerahan alat kerja dan pemukulan kentongan oleh Bupati Sri Mulyani. Upacara berlangsung dengan protokol kesehatan. (OL-1)

BERITA TERKAIT