15 June 2021, 11:11 WIB

Vaksinasi Massal untuk Pedagang di Kebumen Dimulai


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), memulai vaksinasi massal untuk para pedagang pada Selasa (15/6). Percepatan vaksinasi dilakukan dalam rangka pencegahan, apalagi dalam sepekan terakhir, kasus covid-19 di Kebumen mengalami lonjakan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan sampai sekarang dari 26 kecamatan di Kebumen, hanya 10 kecamatan yang zona hijau. Selebihnya yakni 16 kecamatan masuk zona merah dan oranye.

"Salah satu upaya pencegahan yang dilakukan adalah dengan menggelar vaksinasi massal. Dimulai pada Selasa, vaksinasi massal diperuntukkan bagi para pedagang di pasar kota terlebih dahulu," kata Bupati.

Menurutnya, dengan vaksinasi kepada para pedagang diharapkan cakupan vaksinasi akan semakin meluas. Bupati mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut divaksin. Ini adalah bagian dari ikhtiar yang dilakukan pemerintah untuk melindungi masyarakat.

"Yakinlah bahwa vaksin itu aman dan halal, jadi masyarakat tak perlu takut, jalani saja," ungkapnya.

Baca juga:  Pembelajaran Tatap Muka di Kebumen Hanya di Zona Hijau

Upaya pencegahan penularan covid-19 lainnya, lanjut Bupati Arif, adalah adanya jam malam di Kebumen. Alun-alun, kafe, supermarket, dan swalayan aktivitasnya akan dibatasi sampai pukul 20.00 WIB. Kebijakan ini sudah berlaku Senin (14/6) sampai 14 hari ke depan.

"Kami juga sudah mengintruksikan kepada seluruh camat untuk tetap fokus melakukan upaya penanganan korona, dengan mendisplinkan masyarakat agar tetap taat prokes, dan juga melarang warganya untuk mengadakan kegiatan yang mengundang kerumunan," tegasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT