14 June 2021, 14:41 WIB

Universitas Trunojoyo Madura Siap Bantu Ruang Isolasi Alternatif


Mohamad Ghozi | Nusantara

UNIVERSITAS Trunojoyo Madura (UTM) di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur mengajukan sebagian bangunannya dijadikan tempat isolasi pasien Covid-19. Kepala Bagian Kerjasama dan Humas UTM, Taufikurrahman Hasbullah mengatakan pihaknya siap menampung pasien yang dinyatakan positif namun yang masuk kategori tanpa gejala atau OTG.

Ia menjelaskan kampus terbesar di Bangkalan tersebut menyiapkan dua gedung berkapasitas 540 tempat tidur. Gedung tersebut, sebelum pemberlakuan kuliah daring, ditempati sebagai salah satu asrama mahasiswa.

"Ada dua gedung yang kami siapkan jika pengajuan kami disetujui Satgas
Covid-19 Bangkalan. Masing-masing terdiri dari dua lantai dengan total 90 kamar," kata Taufikurrahman, Senin (14/6).

Lokasi gedung yang disiapkan tersebut, jelas dua, memiliki prasarana yang memadai, diantaranya kamar mandi dan toilet serta jauh dari lokasi permukiman warga dan lokasi perkulihan.

Menurut Taufik, keputusan membantu menyiapkan ruang isolasi tersebut, merupakan hasil rapat pimpinan UTM dan sudah mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

baca juga: Bangkalan

Dari pihak Satgas Covid-19 Bangkalan, kata dia, sudah meninjau lokasi kedua gedung, dan melihat prasarana penunjang yang dimiliki, termasuk akses langsung ke lokasi kampus.

"Jika nanti disetujui, kami sudah menyiapkan antisipasi agar tidak terjadi penularan kampus, yakni kuliah akan tetap dilakukan secara online dan 90 persen karyawan akan bekerja dari rumah," kata Taufik. (N-1)

 

 

BERITA TERKAIT