11 June 2021, 21:29 WIB

Dokter RSLI Beberkan Masalah Penanganan Covid-19 ke Kepala BNPB


Reno Reksa | Nusantara

KEPALA BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito, mengunjungi Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya pada Jumat (11/6) pagi. Kunjungannya kali ini untuk memastikan kesiapan RSLI mengantisipasi lonjakan kasus covid-19.

Di hadapan Kepala BNPB, Penanggung jawab RSLI Surabaya, Laksamana Pertama TNI I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara, mengatakan hingga Jumat pagi, RSLI sedang merawat 269 pasien covid-19. Dari jumlah tersebut, 110 di antaranya berasal dari klaster Bangkalan dan dimungkinkan jumlah tersebut masih terus bertambah. 

“Dari 110 tersebut, 90% di antaranya memiliki CT value di bawah 25. Selain itu, dari jumlah tersebut, sangat sedikit yang sudah divaksin,” ujar Nalendra di pertemuan terbatas.

Selain mengenai permasalahan klaster Bangkalan, tim dokter juga mengeluhkan adanya pasien yang masih positif covid-19, namun mencoba untuk kabur dari rumah sakit. Untuk itulah, tim dokter meminta Kepala BNPB menambah jumlah personil TNI guna penebalan keamanan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir gesekan antara pasien dan tenaga kesehatan.

Baca juga: Program Serbuan Vaksinasi Dorong Capaian Vaksinasi di Jatim

Kepada Kepala BNPB, tim dokter juga mengeluhkan menumpuknya sample lendir masyarakat akibat jumlah laboratorium yang tidak sebanding dengan jumlah sample. Hal ini berdampak pada panjangnya durasi waktu masyarakat untuk mengetahui hasil swab nya. 

Mendapat keluhan dari tim dokter, Ganip Warsito berjanji akan segera menindaklanjuti hal tersebut dengan berkoordinasi bersama instansi terkait lainnya.

“Ini saya tulis dan akan saya tindak lanjuti secepat mungkin,” ujar Ganip Warsito di hadapan tim dokter.

Tidak lupa, Ganip mengingatkan semua elemen masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, Ganip juga menginstruksikan pemerintah daerah untuk bersinergi dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan. (A-2)

BERITA TERKAIT