11 June 2021, 20:28 WIB

Banyak Warga Terinfeksi, Kades Mengunci Aktivitas Desa


Solmi | Nusantara

KEPALA Desa Jati Emas, Kecamatan Bram Itam, Kabupaten Tanjungjabung Barat Mukholid bertindak sigap untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19. Lantaran banyak warganya terkonfirmasi positif terjangkit Covid-19, Mukholid memutuskan mengunci aktivitas masyarakat, dan menutup sementara aktivitas pelayanan tatap muka publik di kantor desa selama sepuluh hari ke depan.

Sebanyak 13 warganya, tujuh di antaranya perangkat desa semenjak Kamis (10/6) isolasi mandiri, di rumah, di ruang kantor kepala desa, dan bebrapa dibawa ke RSUD Daud Arief di Kota Kuala Tungkal. Sementara 17 warga lainnya yang punya riwayat kontak erat dengan
korban suspek covid-19, di bawah kendala kepala desanya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Menariknya, untuk berbagai kebutuhan warganya yang diisolasi secara gotong royong dipenuhi Mukholi bekerja sama dengan perangkat RT,
kepala dusun dan warga setempat.

"Kita melakukan ini lantaran beberapa lokasi yang disiapkan pemerintah untuk ruang isolasi penuh. Kami berkoordinasi dengan Tim Satgas dan tim medis kabupaten. Alhamdulillah langkah kami ini didukung dan dibantu," kata Mukholid.

Meskipun kantor desa ditutup, pelayanan publik diganti melalui sistem online. "Kantor saja yang tutup, pelayanan tetap jalan secara online.
Hal ini sudah kita sosialisasikan ke masyarakat seraya mengumpulkan data tracking dan mengecek kepatuhan warga menerapkan prokes," jelas Mukholid.

Langkah Kepala Desa Jati Emas Mukholid mendapat apresiasi positif dari Wadan Satgas Covid-19 Kabupaten Tanjungjabung Barat Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro yang melakukan kegiatan sambang desa, Jumat (11/6).

"Kita mengapresiasi atas apa yang sudah dilakukan pak kades beserta perangkat desa hingga Kadus dan RT. Karena kita melihat pihak Kades dan RT menguasai data warga yang terpapar, dan proaktif mengawal warga yang kontak erat untuk isolasi," papar Guntur yang juga menjabat Kepala Polres Tanjungjabung Barat, Polda Jambi.

Guntur menghargai kinerja Kades Mukholid yang bertindak aktif bersama perangkatnya memperhatikan warga yang isolasi dengan melaksanakan program jaring pengaman sosial. Serta gotong royong membantu keperluan keluarga sampai membantu keperluan rumah tangga warga yang isolasi.

"Langkah ini sangat berdayaguna untuk upaya pencegahan dan penanganan covid skala mikro yang patut dijaga dan dikawal semangatnya dan bisa dicontoh desa lain," kata Guntur.

baca juga: Jambi

Guntur meminta Mukhloid dan warga terlibat melaksanakan kegiatan tambahan, yakni berupa patroli harian pagi dengan sambang tanpa kontak kepada warga yang menjalani isolasi.

Dijelaskannya, pasca tracking akan ditindaklanjuti dengan percepatan vaksinasi ke warga jati emas yang prioritas ke pelayanan publik,
pedagang, lansia dan pra lansia.

"Kita harus yakin dan percaya covid akan berakhir. Bersama kita bisa, warga Jati Emas bangkit bersama melawan Covid-19. Jangan takut kami mewakili negara akan hadir bersama warga melawan covid," tandasnya. (N-1)

BERITA TERKAIT