11 June 2021, 09:30 WIB

Kawasan Wisata Tahura Sultan Adam Kalsel Kembali Dibuka


Denny Susanto | Nusantara

SETELAH ditutup lebih dari setahun karena pandemi virus korona (covid 19), kawasan wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan kembali dibuka.

Kepada UPT Tahura Sultan Adam, Ainun, Jumat (11/6), mengatakan meski telah dibuka penerapan SOP protokol kesehatan di kawasan wisata Tahura tetap diutamakan. "Kawasan wisata Tahura sudah kembali dibuka, tetapi berbagai pembatasan seperti jumlah pengunjung kita batasi dan penerapan prokes tentunya," tutur Ainun.

Sejak resmi dibuka jumlah pemesanan tiket melalui online untuk mengunjungi Tahura Sultan Adam sangat tinggi. Tahura Sultan Adam merupakan kawasan wisata yang dikelola UPT Tahura Sultan Adam dibawah Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel. Kawasan 112 ribu hektar yang memiliki ragam destinasi wisata alam ini merupakan obyek wisata alam andalan Kalsel.

Selama ditutup karena pandemi covid 19 UPT Tahura Sultan Adam memanfaatkannya dengan memperbaiki dan menambah fasilitas penunjang wisata. PAD yang dihasilkan dari wisata Tahura Sultan Adam ini tergolong besar mencapai lebih Rp1 miliar.

Selain Tahura Sultan Adam Mandiangin, Dinas Kehutanan Kalsel juga tengah mengembangkan obyek wisata Bukit Batu Sungai Luar Kabupaten Banjar. Sebelum pandemi jumlah pengunjung terutama mereka yang camping cukup banyak.

Bukit Batu didesain sebagai lokasi objek wisata keluarga dengan menawarkan pemandangan waduk Riam Kanan dan pegunungan Meratus, serta wisata air. Obyek wisata ini dapat ditempuh sekitar 1,5 jam melewati jalur darat dari Kota Banjarbaru atau satu jam menggunakan perahu motor dari dermaga Desa Tiwingan Lama, waduk Riam Kanan. (OL-13)

Baca Juga: Sebanyak 21 Pejabat Tebing Tinggi Dilantik

 

BERITA TERKAIT