10 June 2021, 21:15 WIB

Kasus Positif Covid-19 Klaster Lembang Kemungkinan Bertambah


Depi Gunawan | Nusantara

KASUS positif Covid-19 yang menimpa warga Kampung Ciburial, RW 03, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat kemungkinan masih bisa bertambah. Hal itu akan terjadi jika masyarakat lalai menerapkan protokol kesehatan.

Sampai saat ini, total warga yang terpapar Covid-19 sudah menembus 77 orang. Dengan diberlakukannya lockdown mikro di wilayah tersebut diharapkan bisa menekan penularan korona agar tidak semakin bertambah.

"Sampai hari ini kita mencatat jumlah warga yang positif baik melalui tes swab antigen dan PCR ada 77 orang. Untuk kontak erat yang sudah swab antigen lebih dari 100 orang," terang Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono, Kamis (10/6).

Seluruh warga yang dinyatakan positif tengah menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari pihak puskesmas dan Satgas Covid-19. Mayoritas mereka hanya memiliki gejala ringan seperti batuk dan pilek.

"Kita laksanakan 3 T (testing, tracing, treatment), kita kerjasama dengan satgas desa dan kecamatan. Jadi saling kolaborasi mencegah penyebaran, mudah-mudahan dengan isolasi semuanya bisa sehat kembali," bebernya.

Dia menyatakan, bisa saja warga yang terpapar terus mengalami penambahan lantaran tracing dan testing masih terus berjalan. "Kita tracing terus ya, kemungkinan bisa saja," ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan menginstruksikan aparat kecamatan, kepala desa hingga Pol PP memonitor wilayahnya untuk mengingatkan warga disiplin protokol kesehatan.

"Tetap kuncinya prokes, menjaga jarak dan sebagainya. Terus diimbau bila berencana berkegiatan yang tidak terlalu urgen, ditunda dulu. Lebih banyak di rumah seperti ibu rumah tangga, jangan dulu jalan-jalan, ketemu teman," kata Hengky.

Meski warga satu wilayah di Lembang banyak terkonfirmasi positif Covid-19, Pemkab Bandung Barat masih mengizinkan tempat wisata di wilayah itu menerima pengunjung. Hengky beralasan, jika berbicara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, desa-desa di Bandung Barat rata-rata berada di zona hijau dan kuning sehingga objek wisata masih tetap dibuka. (OL-15)

BERITA TERKAIT