10 June 2021, 15:40 WIB

Pemkot Tasikmalaya Siapkan Karantina Bagi PMI


Kristiadi | Nusantara

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Tasikmalaya, Jawa Barat berencana menyiapkan ruang karantina bagi para pekerja migran Indonesia (PMI) yang kembali ke kampung halaman. PMI yang datang akan menjalani pemeriksaan kesehatan dengan cara melakukan rapid tes antigen guna mencegah kemungkinan penyebaran Covid-19.

"Kami akan menyambut mereka tetapi semua harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan petugas kesehatan harus berupaya melakukan penelusuran dengan berkoordinasi RT, RW, Kelurahan, Camat dan Satuan Satgas Covid-19. Langkah tersebut supaya tidak ada klaster keluarga yang dapat mengakibatkan lonjakan kasus," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Diksan, Kamis (10/6).

Ia meminta pihak kecamatan hingga tingkat RT/RW, proaktif melaporkan jika adanya pekerja yang pulang. Langkah itu diperlukan agar tidak menimbulkan kecurigaan dari masyarakat. 

"Kami akan menyiapkan ruang karantina bagi PMI jika ada yang reaktif. Petugas harus selalu melakukan langkah dengan berkoordinasi antarpetugas lainnya agar tindakan cepat bisa dilakukan terhadap mereka," ujarnya.

Penyediaan karantina untuk para PMI yang baru datang juga dilakukan Pemkab Pangandaran. "Pangandaran selama ini sudah melakukan langkah antisipasi penyebaran virus korona terutamanya bagi warga pendatang," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran, Kustiana. (OL-15)

BERITA TERKAIT