10 June 2021, 14:21 WIB

Pemkab Merangin Awasi Keberadaan Orang Asing


Solmi | Nusantara

UNTUK mencegah hal-hal tidak diinginkan, Pemerintah Kabupaten Merangin bekerja sama dengan Kanwil Kemenkum HAM Jambi akan mengawasi gerak-gerik keberadaan orang asing khususnya di wilayah Kabupaten Merangin.

Assiten I Setda Pemkab Merangin Abdul Gani menegaskan hal itu saat Rapat Koordinasi Pengawasan Orang Asing di Kantor Kesbangpol Merangin, Kota Bangko, Kamis (10/6).

''Pengawasan terhadap aktivitas orang asing ini terus dilakukan, meskipun dalam pandemi Covid-19. Kita terus bersinergi dalam pengawasan orang asing pada masa tatanan kehidupan baru ini,'' ujar H Abd Gani.

Baca Juga: Hari ini, 136 Warga Jambi Terkonfirmasi Positif Covid-19

Sementara itu Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jambi Morina Harahap mengatakan, sinergi dengan instansi terkait diperlukan untuk mengawasi perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan orang asing.

''Kita tidak ingin gara-gara pandemic Covid-19 pengawasan terhadap orang asing jadi terlalaikan. Sekarang ini di Provinsi Jambi terdapat sebanyak 368 orang asing dengan berbagai aktivitas,'' beber Morina.

Mona menjelaskan untuk mengawasi orang asing di Jambi, Kanwil Kemenkumham Jambi memiliki beberapa kantor keimigrasian di Kabupaten Kerinci dan Kota Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjungjabung Barat.

Dia mengingatkan meskipun sampai saat ini keberadaan orang asing di Jambi belum begitu mengkhawatirkan, perlu dukungan pengawasan dari instansi terkait. (SL/OL-10)

BERITA TERKAIT