10 June 2021, 13:05 WIB

Petugas Datangi Lansia di Pangandaran untuk Divaksin Covid


Adi Kristiadi | Nusantara

DINAS Kesehatan, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mencatat vaksinasi Covid-19 lanjut usia (Lansia) baru mencapai 7,92 persen. Hal ini karena animo yang rendah sehingga petugas akan mendatangi rumah-rumah lansia yang terdata.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran, Yani Achmad Marzuki mengatakan, progres pelaksanaan vaksinasi kepada lansia memang masih rendah karena banyak dari mereka yang belum menerima informasi terkait vaksinasi. Namun, sekarang ini petugas akan melakukan edukasi kembali dengan jemput bola.

"Untuk melakukan percepatan vaksinasi pada lansia, petugas di lapangan melakukan upaya jemput bola dan semuanya akan didatangi satu per satu ke rumahnya dengan memberi pemahaman dan petugas akan membawanya ke puskesmas untuk melakukan vaksinasi," kata Kadinkes Yani, Kamis (10/6).

Ia mengatakan, berdasarkan pemantauan di lapangan tak sedikit lansia yang masih takut untuk melaksanakan vaksinasi. Mereka kemungkinan belum mendapatkan informasi memadai dan percaya hoaks terkait vaksinasi yang beredar. Namun, sekarang ini petugas tetap berupaya melakukan edukasi dan mudah-mudahan bisa jadi terobosan dengan cara jemput bola agar semuanya melebihi target 100 persen.

"Vaksinasi kepada lansia sangat penting sebab mereka merupakan salah satu kelompok rentan dalam pandemi Covid-19. Memang sejauh ini Kabupaten Pangandaran tak ada kasus khusus di kalangan lansia. Pasien yang meninggal tidak secara khusus didominasi oleh lansia dan kebanyakan karena penyakit penyerta (komorbid)," ujarnya.

Untuk tenaga kesehatan, jelas dia, yang melakukan vaksinasi sebanyak 1.755 orang yang mana sudah melebihi target atau 1.770 orang. Sedangkan untuk pelayan publik, dari target sasaran 15.516 orang sekarang ini baru mencapai 89 persen atau 13.809 orang yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua tapi untuk lansia akan dilakukannya dengan jemput bola agar nantinya memenuhi target.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran lansia yang menjadi sasaran vaksinasi berjumlah 60.666 orang dan selama ini baru 4.807 lansia (7,92) persen menerima vaksinasi dosis pertama. Sementara, lansia yang sudah menjalani vaksinasi dosis kedua berjumlah 1.636 orang atau (2,7) persen dari sasaran dan berbagai upaya akan dilakukan sampai memenuhi target 100 persen lebih. (OL-13)

Baca Juga: LRT Jabodetabek Diminta tidak Ulangi Kesalahan LRT Palembang

 

BERITA TERKAIT