10 June 2021, 12:25 WIB

Sambut HUT ke-75 Bhayangkara Polresta Surakarta Gelar Donor Darah


Widjajadi | Nusantara

POLRESTA Surakarta menggelar aksi donor darah dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, di Aula Mako I Manahan, Kamis (10/6). Kapolresta Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak ikut ambil bagian sebagai donor aktif.

"Kegiatan donor darah ini dalam rangka hari Bhayangkara ke-75, dan sekaligus partisipasi Polresta Surakarta membantu PMI Kota dalam menjaga ketersediaan stok darah pada masa pandemi covid-19," tukas Kombes Ade usai memberikan darahnya.

Baca Juga: Stok Kosong PMI Medan Setop Distribusi Darah ke Rumah Sakit

Ia paparkan, melalui aksi kemanusiaan donor yang diikuti personel Polri di jajaran Polresta Surakarta ini, ketersediaan darah di PMI Kota akan memudahkan pasien di rumah sakit yang membutuhkan. "Setiap tetes darah yang disumbangkan, sangat berarti dan menolong warga sakit yang membutuhkan," imbuh mantan Kapolres Karanganyar ini.

Yang jelas dalam kegiatan donor darah HUT Bhayangkara ke-75 ini, para pendonor diperiksa kondisi kesehatannya sebelum menyumbangkan darahnya. Di antaranya pemeriksaan suhu tubuh, tekanan darah, dan pemeriksaan HB (haemoglobin).

Hal itu sebagai SOP (standar operasional prosedur) kesehatan, dan menjadi parameter untuk mencegah penularan covid-19, pada masa pandemi ini. "Satu hal wajib, pendonor selain sudan diperiksa kesehatan, jiga harus bermasker," pungkas Ade. (WJ/OL-10)
 

BERITA TERKAIT