10 June 2021, 11:32 WIB

Lion Air Ungkap Kronologi Wafatnya Wakil Bupati Sangihe di Pesawat


Insi Nantika Jelita | Nusantara

LION Air angkat bicara soal meninggalnya Wakil Bupati Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong (HH) di dalam pesawat milik maskapai itu pada Rabu (9/6). Almarhum wafat dalam pesawat Lion Air penerbangan JT-740 dari Bali menuju Makassar.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyebut, pelaksanaan operasional serta penanganan penumpang berinisial HH, dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali (DPS) tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) itu sudah sesuai standar prosedur (SOP).

Jadwal keberangkatan JT-740 pukul 15.08 WITA pada (9/6) dan dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin pada 16.08 WITA. Namun, pada pukul 15.40 WITA, terdapat satu penumpang, yakni HH dikatakan Danang, membutuhkan pertolongan medis lebih lanjut.

"Pimpinan awak kabin (senior flight attendant/ SFA) bersama kru kabin menghampiri penumpang tersebut guna mengetahui kondisi aktual penumpang," kata Danang dalam keterangan resminya, Kamis (10/6).

Di penerbangan JT-740 itu, lanjutnya, terdapat tenaga medis (kesehatan), yang dibuktikan dengan tanda identitas secara resmi. Menurut prosedur kerja penanganan penumpang, awak kabin segera memberikan POB (tabung oksigen portabel) dengan tindakan melonggarkan pakaian yang mengikat, menyandarkan kursi serta memasangkan masker oksigen.

Danang mengatakan, pada pukul 16.10 WITA, petugas layanan darat (ground handling) Lion Air di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menghubungi tim medis di bandar udara.

Lalu, pesawat mendarat pada 16.17 WITA, ketika posisi pesawat sudah sempurna dan berada di landas parkir (apron) tim medis bersama petugas Lion Air melakukan penanganan dan penjemputan dari pintu pesawat bagian belakang, kemudian dilakukan pemeriksaan dan pertolongan.

"Lion Air mendapatkan informasi dari pihak tim medis, bahwa penumpang inisial HH meninggal dunia. Atas nama manajemen dan seluruh karyawan Lion Air mengucapkan duka cita atas meninggalnya penumpang HH," pungkas Danang. (OL-8)

 

BERITA TERKAIT