09 June 2021, 17:55 WIB

Pemkab Malang Klaim Kasus Covid-19 Turun Drastis


Bagus Suryo | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur, mengklaim perkembangan kasus covid-19 menurun drastis. Penurunan itu terlihat dari angka okupansi pasien di rumah sakit yang menurun sejak Idul Fitri sampai sekarang.

"Kasus covid-19 sejak sebelum dan setelah Idul Fitri tidak mengalami perkembangan signifikan. Ada penambahan kasus, tetapi kalau digrafikkan hasilnya rata atau sama seperti sebelum Hari Raya Idul Fitri," tegas Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Malang Arbani Mukti Wibowo, Rabu (9/6).

Bahkan, lanjutnya, data bed occupancy rate di rumah sakit mengalami  penurunan dari sisi isolasi unit perawatan intensif (intensive care unit/ICU).

"Isolasi biasa tanpa ICU sebelum Idul Fitri diangka 20%-21%, sekarang 17%. Di isolasi ICU 45% sebelum Lebaran, sekarang 28%. Jadi turun drastis. Penambahan pasien tidak banyak di rumah sakit, lebih banyak isolasi mandiri," katanya.

Perkembangan kasus sesuai data satgas covid Kabupaten Malang terdapat  3.427 positif covid-19 sejak awal pandemi dengan 3.180 kesembuhan. 

Kini ada penambahan tujuh kasus baru tersebar di Kecamatan Dampit,  Donomulyo, Lawang, Sumberpucung, Kalipare dan Kepanjen. Sebanyak 15 
orang menjalani perawatan di rumah sakit, 9 orang isolasi mandiri. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT