09 June 2021, 14:57 WIB

Produk Olahan Ikan Palembang Bakal Diekspor ke Australia


Dwi Apriani | Nusantara

PEMERINTAH Kota Palembang dan Bank Sumsel Babel memberikan angin segar bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang kuliner. Hal itu lantaran, kedua pihak akan bekerja sama memasarkan produk olahan ikan khas Palembang ke Australia.

Direktur Utama Bank Sumsel Babel, Achmad Syamsudin mengatakan, Palembang terkenal dengan produk olahan ikan, utamanya kemplang. Karena itu, pihaknya akan mendukung penuh dalam pemasaran produk olahan tersebut ke luar negeri.

''Misalnya ekspor kemplang, kopi dan lain sebagainya ke Australia,'' kata Achmad Syamsudin, Kamis (9/6). 

Baca Juga: Pemprov Sumsel Percepat dan Gencarkan Vaksinasi Guru

Bahkan, di tengah keterpurukan akibat Pandemi Covid 19, UMKM menjadi prioritasnya untuk menjajakan produk tersebut, tidak hanya menyasar pangsa pasar lokal saja. Hanya saja, katanya, produk yang akan dijual tentunya memiliki kualitas yang baik dan barang dagangan tentunya memiliki daya tahan yang lebih lama. ''Saat ini kita sedang mencoba cari yang mana yang lebih layak ekspor,'' jelasnya.

Diakuinya, karena untuk ekspor pasti ada kriteria-kriterianya. Baik itu keawetannya, kualitasnya, dan juga petunjuknya harus berbahasa Inggris. ''Ini sedang kita jajaki yang mana UMKM kita yang siap untuk ekspor,'' tambahnya.

Untuk penyeleksian UMKM tersebut, pihaknya akan lebih mengutamakan nasabah-nasabah UMKM dari Bank Sumsel Babel itu sendiri. ''Intinya, siapa yang siap, itu yang akan kita kirimkan,'' ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo sangat menyambut baik apa yang akan dilakukan Bank Sumsel Babel tersebut. ''Produk kuliner dari Palembang sangat beragam, dan kita memang terkenal dengan produk olahan ikan. Kami yakin tentu ini akan sangat mendorong pemulihan ekonomi nasional dan daerah akibat dampak Covid-19. Kita akan membantu nantinya dalam program tersebut,'' pungkasnya. (DW/OL-10)

BERITA TERKAIT