08 June 2021, 20:06 WIB

Gubernur Sumut: 30% Kapasitas RS Untuk Pasien Covid-19


Yoseph Pencawan | Nusantara

TINGKAT penularan Covid-19 yang masih mengkhawatirkan di Sumatera Utara membuat Gubernur Edy Rahmayadi memberi penekanan terhadap beberapa hal terkaity penanganan pandemi. Salah satunya mengenai ketersediaan tempat tidur untuk perawatan pasien korona di rumah sakit.

"Saya mengingatkan rumah sakit untuk menyediakan 30% kapasitas perawatan untuk ruang isolasi pasien Covid-19," kata Edy Rahmayadi saat peresmian RSU Mahkota Bidadari di Kabupaten Langkat, Selasa (8/6).

Dengan rumah sakit menyediakan 30% kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19, dia yakin seluruh pasien Covid-19 dapat ditangani dengan baik. Dia meminta rumah sakit di Sumut yang belum menyediakan 30% kapasitasnya untuk pasien korona agar melaksanakan hal itu. 

"Kondisi kita saat ini sangat memerlukan ketersediaan ruang khusus perawatan pasien Covid-19. Kita perlu tempat berteduhnya rakyat yang mengalami kesulitan," kata Gubernur.

Selain soal ketersediaan tempat tidur pasien koron, Edy pun mengingatkan rumah sakit agar melakukan tindakan yang benar dan tepat dalam melayani pasien. Edy juga meminta masyarakat untuk tetap dan terus menjalankan protokol kesehatan (prokes). 

Hal itu dia tekankan karena masih banyak masyarakatnya yang mengabaikan atau menyepelekan prokes. "Padahal dampak virus ini sangat mengerikan," ujarnya. 

Di sisi lain, Rumah Sakit Umum (RSU) Mahkota Bidadari di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, mulai beroperasi, Selasa (8/6). Rumah sakit yang memiliki 200 tempat tidur untuk rawat inap itu menyediakan 50% kapasitasnya untuk isolasi pasien Covid-19. (OL-15)

BERITA TERKAIT