08 June 2021, 18:57 WIB

Sumut Tambah RS Bagi Pasien Covid-19


Yoseph Pencawan | Nusantara

PROVINSI Sumatera Utara kembali menambah ketersediaan tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19 menyusul beroperasinya Rumah Sakit Umum Mahkota Bidadari di Kabupaten Langkat. Mulai Selasa (8/6), RSU Mahkota Bidadari resmi beroperasi. 

Rumah sakit yang berada di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Gebang, itu memiliki kapasitas 200 tempat tidur untuk pasien rawat inap. "Kami menyediakan 50% atau 100 tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19," ungkap Direktur RSU Mahkota Bidadari Firmansyah seusai peresmian rumah sakit oleh Gubernur Sumut, Selasa (8/6).

Diungkapkan RSU Mahkota Bidadari dengan luas bangunan 4.500 meter persegi itu memiliki 10 poliklinik dan 200 tempat tidur. Selama masa pandemi ini sebanyak 100 atau 50% dari jumlah total tempat tidur tersebut digunakan untuk perawatan pasien Covid-19.

Dia menerangkan, rumah sakit bertipe C itu didirikan untuk melayani masyarakat Kabupaten Langkat. Khususnya yang bermukim di sekitar wilayah rumah sakit. Di Kecamatan Gebang, hingga Pangkalan Susu, atau perbatasan Sumut-Aceh. Dengan estimasi populasi sekitar 300 ribu jiwa atau 30% dari jumlah total penduduk Langkat.

Dia berharap rumah sakit yang dibangun pada Juni 2020 itu dapat memberikan layanan kesehatan secara maksimal kepada masyarakat di daerahnya, termasuk peserta BPJS. Dia juga berharap rumah sakit yang berdiri di atas lahan sekitar satu hektare itudapat menjalin kerja sama dengan seluruh pihak. (OL-15)

BERITA TERKAIT