08 June 2021, 17:37 WIB

Belasan Ribu Warga Cilacap Krisis Air Bersih


Lilik Darmawan | Nusantara

SEBANYAK 3.732 keluarga atau sekitar 12.933 jiwa warga Cilacap, Jawa Tengah (Jateng) mengalami krisis air bersih. Mereka yang mengalami krisis air bersih berada di 13 desa di 6 kecamatan.

Dari 6 kecamatan yang mengalami kekeringan, Kecamatan Patimuan merupakan wilayah paling luas yang krisis air bersih. Di kecamatan ini terdapat 5 desa yang mengalami krisis air bersih.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Cilacap Tri Komara Sidhy mengatakan bahwa pihaknya terus menyuplai kebutuhan air bersih untuk warga sebanyak 27 tangki. "Ada 27 tangki air bersih yang didistribusikan untuk 13 desa di 6 kecamatan. Masing-masing tangki berisi 5 ribu liter," jelas dia pada Selasa (8/6).

Dijelaskan Tri Komara, pihaknya meminta kepada pemerintah desa untuk mengajukan permohonan bantuan air bersih. "Silakan untuk mengajukan bantuan air bersih, terutama daerah-daerah yang mengalami kekeringan," ungkapnya.

Menurutnya, pada Selasa hari ini, ada dua tangki air bersih yang didistribusikan ke Desa Sidamukti, Kecamatan Patimuan. "Volumenya mencapai 10 ribu liter. Kami berharap, bantuan air bersih tersebut akan mampu memenuhi kebutuhan warga yang krisis air bersih," jelasnya. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT