02 June 2021, 16:45 WIB

Jarak Banjarnegara-Dieng Makin Dekat


Lilik Darmawan | Nusantara

PEMKAB Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng) membangun jalan tembus ke dataran tinggi Dieng sepanjang 24 kilometer (km) dengan lebar 6 meter. Alokasi anggaran mencapai Rp19 miliar. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengatakan bahwa pembangunan jalan tembus ke Dieng dudah mulai dikerjakan sejak beberapa waktu lalu. Ditargetkan pada akhir tahun, pembangunan jalan bakal rampung.

"Jalan tembus tersebut dimulai dari Singamerta, Madukara, Plipiran, Pagentan dan langsung ke Dieng. Panjangnya mencapai 24 km," jelas Bupati Budhi, Rabu (2/6).

Dijelaskan oleh Bupati, dengan pembangunan jalan tersebut, maka akan mempercepat akses jalan ke Dieng. Sekarang ini melewati Wonosobo dari Banjarnegara, membutuhkan waktu hingga 2 jam. Sedangkan melewati jalan tembus yang dibangun hanya membutuhkan waktu rata-rata 45 menit.

baca juga: Banjarnegara

"Kami sengaja membangun jalan untuk para wisatawan yang akan lebih mudah aksesnya jika berwisata ke Dieng. Di sisi lain, pendapatan asli daerah (PAD) akan mengalami peningkatan. Pada saat Lebaran lalu saja, PAD dari wisata Dieng mencapai Rp2,3 miliar," jelasnya.

Ia mengatakan jalan tembus tersebut dapat digunakan pada akhir tahun. Saat sekarang, progress pembangunan telah mencapai 60%. Kini
fokus membangun jembatan di dua lokasi.

"Kontrak pembangunan sampai November dan pada akhir tahun nantinya bisa digunakan. Jalannya mulus dengan view yang bagus," pungkasnya. (N-1)

 

BERITA TERKAIT