26 May 2021, 19:29 WIB

Petugas Damkar Tapsel Dilatih Tenaga Profesional


Yoseph Pencawan |

PULUHAN petugas pemadam kebakaran Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, menjalani pelatihan yang diberikan para tenaga profesional di bidang penyelamatan dan kebakaran. Pelatihan diberikan oleh PT Agincourt Resources (PTAR), pengelola Tambang Emas Martabe.

"Pelatihan yang digelar sejak 24 Mei hingga 29 Mei 2021 tersebut diberikan kepada 42 personel Pemadam Kebakaran dari Sektor Batangtoru, Sektor Sipirok, dan Sektor Batang Angkola," ungkap Rahmat Lubis, General Manager Operations PTAR dalam keteranganya, Rabu (26/5).

Pelatihan yang terbagi dalam dua batch itu digelar di Gedung Ampiteater Sopo Daganak, Batangtoru, Tapanuli Selatan. Dalam mengadakan pelatihan, perusahaan yang saat ini memiliki areal tambang seluas 30 km persegi itu menggandeng fasilitator lembaga pelatihan dan mentor yang berpengalaman, Trust One Indonesia.

Menurut Rahmat, pada pelatihan ini para petugas damkar mendapatkan berbagai materi yang terkait dengan penanganan kebakaran. Di antaranya mengenai perilaku api, pengetahuan tentang alat pemadam api, perawatan mesin darurat, alat pelindung pernafasan (breathing apparatus) dan proteksi kebakaran pada bangunan.

Kemudian manajemen keselamatan pada kebakaran gedung, keselamatan petugas, pembinaan fisik (fire fighter fitness drill) dan tali temali dalam penyelamatan. Selanjutnya komunikasi (incident commander), teknik perawatan unit damkar dan peralatan pemadam kebakaran, serta evaluasi pelajaran.

Selain materi, mereka juga diberikan berbagai ketrampilan, meliputi penggunaan alat pemadam api ringan (APR) dan penggunaan peralatan pada unit mobil pemadam. Kemudian keterampilan pertolongan penderita gawat darurat, serta prosedur pemakaian dan penggunaan Self-Contained Breathing Apparatus (SCBA).

Rahmat mengungkapkan, pelatihan ini utamanya diadakan untuk meningkatkan keterampilan serta kemampuan dasar (basic skill training) personel damkar. Program yang dilaksanakan bekerja sama dengan Pemkab Tapsel ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi seluruh tim damkar di ketiga sektor di daerah itu. (OL-15)

BERITA TERKAIT