23 May 2021, 00:30 WIB

Sungai Meluap, Jalan Penghubung Lintas Kabupaten Putus Total


Dwi Apriani | Nusantara

GERAK cepat pemerintah sangat dibutuhkan dalam menangani setiap ancaman bencana yang datang. Begitupula yang terjadi di Desa Belatung, Kecamatan Lubukbatang, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan. Pada Sabtu (22/5) terjadi jalan longsor akibat meluapnya sungai ogan yang berada di desa tersebut, sehingga jalan penghubung lintas kabupaten di desa tersebut putus total.

"Kejadiannya dini hari tadi, sungai ogan memang kondisinya sedang meluap. Ada sejumlah rumah di pinggir sungai yang terendam. Dan akses jalan provinsi di desa ini putus total, tergerus longsor," kata Plando, Kades Belatung.

Baca juga: Usung Kemerdekaan Literasi, Satupena Siap Gelar Kongres II

Ia mengatakan, adapun jalan yang putus total memiliki lebar jalan sekitar 6 meter dan panjang  2 meter. 

"Sungai meluap ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun memang lalu lintas terganggu karena kendaraan tidak bisa melintas. Akses warga pun putus. Kami berharap pemerintah bisa cepat merespons dan melakukan perbaikan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Dharma Budi, mengatakan pihaknya sudah mengecek jalan penghubung yang putus di desa tersebut. 

"Kita targetkan pengerjaan perbaikan di jalan ini bisa rampung dalam sepekan ini. Karenanya kita sudah siapkan rencana perbaikan saat ini," kata dia.

Diakuinya, jalan ini putus lantaran gerusan air sungai yang meluap. Ia menjelaskan, memang tidak ada akses jalan alternatif disekitar desa yang mumpuni untuk digunakan melintas. Namun pihaknya mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju OKU ataupun Ogan Ilir agar menggunakan jalur lain, jalur Komering atau Batu Marta.

"Di dekat akses jalan yang longsor ini memang ada jalan alternatif, namun jalan kampung. Kami tidak menyarankan masyarakat atau pemilik kendaraan melintasi jalan itu karena akan merusak jalan kampung itu. Karenanya kami sarankan melintasi jalur lain saja, selama kami proses perbaiki jalan itu," ungkapnya.

Baca juga: Virus Varian India Masuk Cilacap Lewat Awak Kapal

Ia mengakui, longsornya jalan itu juga diakibatkan karena gorong-gorong dibawah jalan yang sudah tua dan dipengaruhi oleh tingginya air sungai.

"Perbaikan akan dilakukan dengan mengganti gorong-gorong dengan box culvert dan dilakukan penimbunan, pemadatan dan pengecoran kembali badan jalan," pungkasnya. (OL-6)
 

BERITA TERKAIT