20 May 2021, 11:16 WIB

Warga Kudus Sudah Bisa Cetak KTP-e secara Mandiri


mediaindonesia.com | Nusantara

DINAS Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai mengoperasikan mesin Anjungan Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Mandiri untuk memudahkan masyarakat mencetak KTP elektronik atau surat kependudukan lainnya secara mandiri.

"Mesin anjungan Dukcapil mandiri sudah kami operasikan sejak bulan Mei 2021. Karena hanya ada satu unit, maka untuk sementara kami tempatkan di kantor Disdukcapil Kudus," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Kudus Eko Hari Djatmiko di Kudus, Kamis (20/5).

Ia juga tengah mengembangkan aplikasi baru untuk memudahkan masyarakat agar permohonan melalui daring bisa langsung dicetak melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). Sedangkan saat ini harus dari pengajuan di kantor baru bisa memanfaatkan mesin tersebut.

Nantinya, kata dia, keberadaan mesin ADM tersebut akan diperbanyak karena pengajuan anggaran sebelumnya sebanyak 11 unit mesin ADM, namun baru disetujui satu unit.

Dengan pengajuan sebanyak itu, rencananya akan ditempatkan di masing-masing kantor kecamatan sehingga masyarakat tidak perlu datang ke kota untuk bisa mencetak KTP elektronik maupun data kependudukan lainnya secara mandiri.

Demikian halnya, ketika tersedia mall pelayanan publik juga bisa ditempatkan mesin tersebut agar mudah diakses banyak orang.

Untuk melakukan pencetakan mandiri, pemohon akan mendapatkan PIN yang dikirim ke nomor ponsel setelah mendaftar permohonan administrasi kependudukan melalui aplikasi yang disediakan oleh Disdukcapil.

PIN yang akan diterima pemohon, yakni PIN untuk masuk ke mesin ADM dan untuk mencetak serta PIN tersebut hanya bisa digunakan untuk sekali pencetakan.

Anjungan Dukcapil mandiri tersebut juga tidak hanya mempersingkat waktu, namun mesin ADM juga dapat mencetak berbagai dokumen dukcapil, seperti KTP elektronik, akta kelahiran, kartu keluarga, kartu identitas anak (KIA), dan akta kematian. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Kudus Minta Bagi Hasil Cukai Rokok untuk Pendanaan Vaksinasi Covid

 

BERITA TERKAIT