19 May 2021, 10:35 WIB

Ini Skenario Pemkab Purbalingga Sikapi Lonjakan Kasus Covid


Lilik Darmawan | Nusantara

DINAS Kesehatan (Dinkes) Purbalingga, Jawa Tengah siap untuk meningkatkan kapasitas rumah sakIt (RS) sebsar 30%, jika ada kenaikan kasus covid-19 pascalebaran.

Kepala Dinkes Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan pihaknya telah melaksanakan berbagai persiapan seandainya ada kenaikan kasus covid-19 di wilayah Purbalingga.

"Di RSUD Goeteng Taroenadibrata, misalnya, kapasitas IGD saat sekarang sebanyak 23 tempat tidur. Jika ada penambahan, maka dapat ditingkatkan menjadi 30 tempat tidur," jelas Hanung, Rabu (19/5).

Menurutnya, selain RSUD Goeteng, RS lainnya seperti RSUD Panti Nugroho juga melakukan hal yang sama. "Prinspinya, Dinkes menyiapakan sarana dan prasarana untuk mengantisipasi kemungkinan kenaikan kasus covid-19 pascalebaran,"ujarnya.

Sementara berdasarkan data kasus covid-19 hingga Senin (17/5), jumlah kasus positif covid-19 di Purbalingga yang kini aktif ada 33 pasien dirawat dan 145 lainnya menjalani isolasi mandiri. Secara total, jumlah kasus covid-19 di Purbalingga sebanyak 5.678 kasus, 5.252 di antaranya telah sembuh, 248 pasien meninggal dunia.

Hanung meminta kepada masyarakat untuk tetap mentaati protokol kesehatan (prokes). Yakni dengan mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. (OL-13)

Baca Juga: Polda NTT Mulai Terapkan Tilang Elektronik

 

 

BERITA TERKAIT