18 May 2021, 11:30 WIB

Lima Tahanan BNN Sumut Kabur, Satu Serahkan Diri


Yoseph Pencawan | Nusantara

SATU dari lima orang tahanan BNN Sumatera Utara (Sumut) dipastikan sudah menyerahkan diri, satu hari setelah melarikan diri.

Kabid Pemberantasan BNN Provinsi Sumut, Sempana Sitepu mengungkapkan, seorang tahanan yang kabur telah menyerahkan diri pada Senin (17/5) siang.

"Tahanan ini menyerahkan diri kemarin sekitar jam 11.00 siang," ujar Sempana saat dikonfirmasi, Selasa (18/5).

Tahanan berinisial MJ yang merupakan tahanan tangkapan BNN RI itu menyerahkan diri ke kantor BNN Sumut. Empat tahanan lagi sampai sekarang masih dalam pengejaran.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak lima tahanan BNN Sumut melarikan diri dari sel saat pada Minggu (16/5), sekitar pukul 00.28 WIB.

Para tahanan terdiri dari tiga warga Aceh, satu warga Kepulauan Riau (Kepri) dan satu lagi Warga Sumut.

Mereka yang berasal dari Aceh, yakni Irwanda dan Marzuki Ahmad, warga Jalan Irigasi TGK, Desa Tufah, Kecamatan Jeunieb, Kabupaten Bireuen. Zulkifar, warga Dusun Matang Mesjid, Desa Matang Punong, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara.

Selanjutnya dari Kepri, tahanan atas nama Rahmat Hidayatulloh alias Mhd Isbandi, warga Perumahan Bukit Melati, Jalan Marcopolo, Kecamatan Dapur 12, Kota Batam.

Dan satu lagi, Muhammad Junaidi (MJ), warga Jalan Baung, Dusun Mesjid, Kelurahan Sei Buah Keras, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumut.

Menurut Sempana, para tahanan yang kabur terjerat kasus narkoba yang berbeda-beda. Ada yang sudah divonis seumur hidup, ada yang proses tahap dua dan ada juga yang masih proses sidang.

"Yang seumur hidup kasus 28 kg sabu, yang dua orang modus simpan sabu dalam sepatu yang ditangkap di bandara dengan barang bukti sabu 2 kg," terangnya.

Sempana mengakui lolosnya kelima tahanan tersebut akibat kelalaian pihaknya. BNN Sumut juga sudah meminta Polda untuk membantu melakukan pengejaran terhadap para tahanan yang kabur.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan pihaknya sudah menerima koordinasi dari BNN Sumut untuk melakukan pengejaran. Ditres Narkoba Polda Sumut yang saat ini sudah bergerak memburu para tahanan yang kabur.(OL-13)

Baca Juga: BNN Bengkulu Bongkar Jaringan Narkoba Lapas Bentiring

BERITA TERKAIT