15 May 2021, 12:18 WIB

Tim Keamanan Tanggamus Bubarkan Keramaian Acara Musik


mediaindonesia.com | Nusantara

SATUAN Tugas Penanganan Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) Kabupaten Tanggamus membubarkan kegiatan orgen tunggal dalam acara Halal bihalal dan Bujang Gadis di Pkn. Karang Agung, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus, Sabtu (15/5) dini hari pukul 01.30 WIB.

Pembubaran dipimpin langsung oleh Kapolres Tanggamus dan Dandim 0420 Tanggamus bersama  70 personel gabungan yang terdiri dari Sabhara Polres, Lalu Lintas Polres, Polsek Kotaagung, Polsek Wonosobo, Polsek Semaka, Polsek Pematangsawa, Koramil Wonosobo dan lainnya. Kapolres dan Dandim mendatangi lokasi sekitar pukul 23.30 WIB dengan upaya persuasif yakni berkoordinasi bersama pimpinan adat dan tokoh masyarakat Pekon Karang Agung agar acara dapat dihentikan.

Baca juga: Pemkot Banjarmasin Tutup Tempat Keramaian Saat Libur Lebaran

Namun, karena tak juga berbuah hasil, pada 01.30 WIB, Kapolres Tanggamus bersama Dandim 0424 Tanggamus mengambil langkah serta memerintahkan personel Polri dan TNI yang sudah berada di lokasi agar melakukan upaya paksa pembubaran. Dari hasil upaya paksa tersebut akhirnya diamankan belasan orang warga pun sound system / alat orgen tunggal milik Shila Music sebagai barang bukti. Juga ditemukan narkoba jenis sabu. Acara pembubaran paksa berjalan kondusif dan sekitar pukul 02/30 WIB, massa membubarkan diri.

Saat ini, pihak kepolisian sedang melakukan pemeriksaan dan tes urine untuk kemudian dilanjutkan pada proses pidana. Untuk jumlah massa diperkirakan mencapai 800 orang.(RO/OL-5)

BERITA TERKAIT