14 May 2021, 22:50 WIB

PYP Bali Terus Berbagi Sembako


Arnoldus Dhae | Nusantara

SEJUMLAH warga Bali sangat terdampak dengan pandemi covid-19. Untuk membantu mereka, komunitas Peduli Yatim Piatu (PYP)terus berbagi paket
sembako.

Hampir setiap minggu, grup yang dikoordinasi I Komang Kusumaedi rutin menyerahkan sembako kepada warga yang ada di sembilan kabupaten/kota di Bali secara bergilir.

Yang terkini, relawan PYP membawa paket sembako untuk Nyoman Retin, 75, di Dusun Ideran, Desa Kayuputih, Banjar Buleleng, dan Nyoman Nayu, 88, Banjar Dinas Santal, Desa Mayong, Seririt Buleleng, di Kabupaten Buleleng.

Jumat (14/5), penyerahan paket sembako juga dilakukan di wilayah Gilimanuk, Jembrana, Gianyar dua paket, dan Denpasar.

"Banyak permintaan sembako. Jadi kami melakukan sistem antre. Siapa yang paling mendesak, kami segera kirim. Yang belum, kami pastikan masuk daftar antrian," ungkap Komang.

Dia menuturkan, misi PYP adalah bergerak di bidang sosial untuk membantu sesama. Tidak memandang suku dan agama. Selama masih tinggal di Bali, PYP akan berusaha membantu.

"Sebenarnya dari luar Bali banyak yang meminta bantuan sembako. Namun untuk sementara, kami fokus di Bali saja," ujarnya.

Ia mengaku para donatur tidak hanya dari Bali saja. Akan tetapi luar Bali juga ada. Di antaranya Kalimantan, Riau, Bogor, DKI Jakarta, serta beberap wilayah di Indonesia.

"PYP merupakan grup WhatsApp saja. Sebelumnya kami bergerak untuk membantu di bidang pendidikan bagi anak-anak yatim. Tapi karena adanya warga yang membutuhkan sembako, sejak 2019, kami bergerak untuk memenuhinya. Sudah tersebar lebih dari 300 paket sembako," bebernya.

Komang menambahkan, PYP berencana akan menggelontorkan bantuan untuk
11 anak yatim yang tersebar di Bali. "Setiap anak akan diberi bantuan minimal Rp1,6 juta, maksimal Rp2 juta, perlengkapan sekolah dan sembako. Mudah-mudahan akhir Mei ini bisa segera terkumpul donasinya," tandasnya. (N-2)

BERITA TERKAIT