13 May 2021, 12:29 WIB

Lapas Klas IIA P Siantar Beri Layanan Titip Barang dan Video Call


Apul Iskandar | Nusantara

LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIA Pematangsiantar memberikan layanan penitipan barang dan makanan serta layanan video call bagi keluarga maupun kerabat warga binaan menyambut Idul Fitri 1442 H. Layanan tersebut diberikan dan disediakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Humas Lapas Klas IIA Pematangsiantar Daniel Sitindaon menjelaskan mulai dari masuk ke dalam lingkungan Lapas Klas IIA Pematangsiantar para petugas kesehatan lapas dan petugas pengawas dan pemeriksaan (Wasrik) terlebih dahulu. Yaitu diawali dengan mengecek suhu tubuh para pengunjung serta memastikan pengunjung memakai masker dan membagikan masker bagi pengunjung yang tidak menggunakannya. 

"Sebelumnya para pengunjung melakukan pendaftaran dan pendataan kemudian barang barang titipan tersebut diperiksa oleh petugas untuk memastikan tidak ada benda benda yang dilarang dapat masuk ke dalam lapas. Kemudian barang barang titipan tersebut didistribusikan kepada warga binaan di dalam lapas", kata Daniel. 

Baca Juga: 663 Warga Binaan Lapas Klas IIA Pematangsiantar Mendapat Remisi 

Selain itu pihak Lapas Klas IIA Pematangsiantar juga memberikan layanan video call bagi warga binaan yang keluarganya jauh dan tidak bisa datang untuk menitipkan makanan. Keluarga warga binaan tidak bisa datang karena larangan mudik atau berpergian keluar dari kabupaten atau kota domisilinya seperti dari Kota Medan, Tebing Tinggi, Asahan, dan kota lainnya. 

"Ini merupakan wujud pelayanan Lapas Klas IIA Pematangsiantar dan salah satu poin penting dalam mewujudkan zona integritas dan Wilayah Bebas Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani di Lapas Klas IIA pematang Siantar. Semua kegiatan ini dimulai dari Selasa 12 Mei sampai dengan 15 Mei 2021. Dan kegiatan ini tidak dipungut biaya atau gratis," tandasnya. 

Daniel juga mengimbau agar tetap menjaga kesehatan dengan cara menerapkan protokol kesehatan serta pola hidup sehat. "Semoga pandemi covid-19 ini segera usai dan berlalu agar keluarga dan kerabat warga binaan kita bisa bertemu dan tatap muka dengan warga binaan kita sehingga bisa membuat warga binaan kita semakin semangat dalam menjalani sisa hukumannya,'' harapnya.  (AP/OL-10)

BERITA TERKAIT