10 May 2021, 10:49 WIB

KJTV Malut Bagikan Mushaf Al-Quran Hingga Paket Sembako di Haltim


Hijrah Ibrahim | Nusantara

MEMASUKI Ramadan ke-26 dan 27, Komunitas Jurnalis Televisi (KJTV) Provinsi Maluku Utara melakukan Touring Ramadan 1442 Hijriah ke-wilayah Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) untuk membagikan ratusan mushaf Al-Qur'an dan Iqra.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari sejak hari Sabtu hingga Minggu (8-9/5). Tim yang beranggotakan 9 jurnalis televisi itu melakukan perjalanan dari Ternate hingga Maba Ibu Kota Halmahera Timur sejauh 229 km dengan menggunakan sepeda motor dan menyinggahi beberapa Kecamatan di kabupaten setempat guna bersedekah Al-Qura'an, Iqra hingga paket sembako.

Koordinator KJTV Maluku Utara Ifan Gusti mengatakan kegiatan memberi bantuan  Al-Qur'an, Iqra dan sembako ke TPQ, pesantren serta rumah-rumah pengajian itu diperuntukan kepada mayarakat muslim dan anak-anak di Pelosok Desa Halmahera Timur untuk menambah semangat mereka mengaji.

"Semoga dengan bantuan Qur'an ini bisa menambah ketersediaan Al-Qur'an maupun menggantikan Al-quran Al-Qur'an yang sudah kusam sehingga mudah dipelajari dan dibaca anak-anak di TPQ maupun Pesantren," ungkap Ifan, Minggu (9/5).

Ifan Gusti menambahkan dalam touring ramadan itu tercatat ada 7 TPQ, 3 Pesantren, 1 Rumah Tahfiz Quraan dan 1 Majelis Ta'lim yang disinggahi tim KJTV untuk memberikan 125 Al-Qur'an dan Iqro. Di antaranya TPQ An-Nur Desa Sondo-sondo,Kecamatan Wasile Selatan, TPQ Nurul Hayat Desa Tabanalou,Kecamatan Wasile Selatan, Pondok Pesantren Ibaur Rahman Wasile Timur, TPQ Dodaga, Majelis Taklim Mambaurhair Desa Dodaga Kecamatan Wasile Timur, TPQ Nurul Fajriah Desa Bokimaake Kecamatan Wasile Tengah, TPQ TakwabDesa Lolobata,Kecamatan Wasile tengah ,TPQ Nurul Salbi, Kecamatan Maba Pura,TPQ Muhajirin Kecamatan Maba Pura, Pondok Pesantren Darul Hasanah, Kecamatan Maba Pura, Pesantren Al- Abror Kota Maba dan Rumah Tahfiz Al-Almahira Kota Maba. 

Baca juga: Pemuda Muhammadiyah Malut Panen 200 Kg Tomat

Para awak media dari berbagai televisi itu pun tetap menjalankan protokol kesehatan dengan selalu mengunakan masker.

"Kita selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker," ujar Ifan.

Kepala Desa Dodaga Mursidin Abu mewakili Pemerintah Daerah Setempat saat menerima paket Al-Qur'an, Iqra maupun Sembako dari Kjtv mengapresiasi kegiatan sosial keagamaan yang dilakukan komunitas wartawan televisi dengan dukungan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

"Saya atas nama pemerintah desa banyak mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan wartawan dan perusahan PT IWIP yang telah jauh datang dari Ternate untuk memberikan bantuan ini, semoga bantuan ini dapat menjadi amalan buat teman-teman jurnalis televisi, dan perusahan," kata Mursidin.

Usai menyalurkan bantuan di wilayah Wasile, rombongan bertolak hingga ke Kecamatan Maba Pura dan memberikan bantuan yang sama ke pihak pesantren dan TPQ setempat.

Salah satu perwakilan pesantren Darul Hasanah Nuraisya Taher Idrus mengaku, bantuan yang diterima akan dipergunakan sebaik-baiknya sehingga dapat dipakai untuk mendidik santriwan /santriwati.

"Ini akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menunjang kegiatan yang akan dilaksanakan agar semua fasih dalam membaca Alqur'an ,sehingga hafidz-hafidz dapat diandalkan ditengah tengah masyarakat," tutur Nuraisya

Sementara pendistribusian bantuan ke ibu kota Kabupaten Halmahera Timur mengalami kendala akibat medan yang sulit sehingga paket bantuan tersebut harus dialihkan dengan jasa pengiriman melalui mobil lintas Halmahera untuk diberikan ke Pesantren Al-Abror dan Rumah Tahfiz Al-Almahira.(OL-5)
 

BERITA TERKAIT