08 May 2021, 18:05 WIB

Dari Karawang, Pemudik ke Tegal Terkonfirmasi Positif Covid-19


Supardji Rasban | Nusantara

SEORANG pemudik asal Kelurahan Sumurpanggang, Kecamatan Margadana, Kota Tegal, Jawa Tengah, terpaksa menjalani isolasi di Rusunawa. CG merupakan pemudik dari Karawang, Jawa Barat, diketahui positif covid-19 setelah sampai di kampung halamannya.

Keterangan yang dihimpun, CG mudik dari Karawang dan sampai di Kota Tegal, pada Kamis (6/5). CG kini harus menjalani isolasi mandiri 10 sampai 14 hari di Rusunawa Kota Tegal tersebut. Artinya, CG terpaksa bakal merayakan Hari Raya Idul Fitri di tempat isolasi.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari, menyampaikan CG menjalani rapid tes antigen setelah sampai di rumahnya di Puskesmas Sumurpanggang dan ternyata hasilnya diketahui positif covid-19. "Iya, kemarin ada satu pemudik yang positif dan langsung kami evakuasi ke Rusunawa untuk isolasi. Tapi belum diketahui secara pasti waktu dan tempat pemudik itu terpapar covid-19," ujar Primawati, Sabtu (8/5).

Primawati menyebut, yang bersangkutan mudik menumpang bus dengan isi penumpang sebanyak 20 orang. Mereka yang sempat berkomunikasi dengan CG sudah menjalani rapid tes antigen dan dari hasil penelusuran atau tracking kontak erat tersebut hasilnya negatif.

 

Primawati menerangkan, saat ini CG menjalani isolasi mandiri sembari menunggu hasil tes PCR-nya keluar. Pemeriksaan bebas covid-19 terhadap pemudik, sangat terbantu oleh peran Jogo Tonggo di tingkat RW. "Karena mereka petugas Jogo Tonggo itu selalu mendata pemudik dan melaporkannya ke kelurahan dan puskesmas. Kemudian juga dilakukan rapid tes antigen kepada para pemudik," pungkas Primawati. (OL-15)

BERITA TERKAIT