07 May 2021, 17:47 WIB

Libur Lebaran, Tempat Wisata di Lombok Barat Tutup


Yusuf Riaman | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, menutup tempat wisata jelang dan setelah Lebaran untuk mencegah penyebaran covid-19. Dengan demikian, status Lombok Barat pada zona oranye tidak bergeser ke zona merah.

"Kita semua tentu butuh liburan tapi juga tidak mau status kita naik menjadi zona merah. Kemudian semua bisa menjadi semakin memburuk," ujar Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Saepul Akhkam saat ditemui di kantor Dispar siang tadi, Jumat (7/5).

Penutupan lokasi wisata di Lombok Barat diberlakukan terhitung H-1 Lebaran hingga H+10 dilakukan berdasarkan surat edaran Bupati Lombok Barat 5 Mei perihal pembatasan kegiatan pada bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri 1442 H/2021 M dalam masa pandemi covid-19.

 
 
Untuk mendukung pelaksanaan larangan tersebut, Dispar akan menyurati tempat wisata, kepala desa hingga Pokdarwis setiap desa wisata terkait penutupan yang akan dilakukan.

"Nanti kami akan turun langsung dengan pihak kepolisian, TNI, Pol PP, dan aparat lain untuk memantau tempat-tempat wisata selama 10 hari untuk memastikan mereka patuh pada surat edaran ini," ujar Akhkam.

Dalam surat edaran yang sama juga memuat perihal larangan melakukan pawai takbiran saat malam Lebaran hingga larangan kepada seluruh pejabat/ASN melaksanakan open house/halal bihalal dalam rangka Hari Raya Idulfitri 1442H/2021 M. (OL-14)

BERITA TERKAIT