05 May 2021, 10:52 WIB

Ada Larangan Mudik, Jam Operasional Bandara Juanda Dikurangi


Heri Susetyo | Nusantara

JAM operasional Bandara Juanda akan dikurangi dua jam menjadi 12 jam saat pemberlakuan larangan mudik pada 6 hingga 17 Mei 2021.

"Jam operasional kami optimalisasikan menjadi 12 jam pada periode arus libur Lebaran tahun ini yang awalnya dimulai pukul 06.00-20.00 WIB dibatasi menjadi pukul 06.00-18.00 WIB," kata General Manager Bandara Internasional Juanda Kicky Salvachdie lewat siaran pers, Rabu (5/5).
 
Menurut Kicky, optimalisasi jam operasional ini sejalan dengan program pemerintah yang meniadakan mudik demi menekan laju penyebaran covid-19.

Baca juga: Kalsel Berlakukan Larangan Mudik Lokal

Setelah periode libur Lebaran pada 18 Mei, operasional kembali normal 14 jam seperti pada periode era new normal.

Menurut Kicky, di periode tersebut, pihak maskapai juga mengambil langkah serupa yakni dengan mengurangi frekuensi penerbangan hingga tidak beroperasi sementara (no ops) di rute tertentu.

Meski mayoritas maskapai tidak mengoperasikan penerbangan reguler mereka, penerbangan kargo tetap akan beroperasi dan dilayani Bandara Juanda selama periode peniadaan mudik.

Kicky menambahkan, selain optimalisasi jam operasional, Bandara Juanda juga melakukan optimalisasi penggunaan ruang tunggu.

Apabila sekarang mengoperasikan sepuluh boarding gate, saat pemberlakuan larangan mudik nanti, hanya tiga boarding gate yang dioperasikan, yaitu gate 8 hingga gate 10 dengan penggunaan check-in counter sebanyak 10 unit. (OL-1)

BERITA TERKAIT