04 May 2021, 20:30 WIB

Kota Tasikmalaya Kembali ke Zona Merah Covid-19


Kristiadi | Nusantara

STATUS Kota Tasikmalaya, Jawa Barat sempat masuk zona orenge penyebaran Covid-19, kini Mutiara dari Priangan Timur itu kembali ke zona merah. Untuk itu, pemerintah setempat meminta warga Tasikmalaya yang merantau menunda mudik.

"Pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Kota Tasikmalaya, setiap harinya bertambah. Muncul klaster keluarga jadi kami minta perantau jangan mudik dulu lebaran ini," imbau Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Uus Supangat  Selasa (4/5/2021).

Ia mengatakan, Kota Tasikmalaya sekarang ini sudah berada pada zona merah (risiko tinggi) setelah sebelumnya berstatus oranye (risiko sedang). Jika masyarakat masih tetap mengabaikan protokol kesehatan, maka penyebaran covid sulit dikendalikan. Pihaknya meminta pengertian dan kerjasama masyarakat untuk menekan penyebaran virus korona ini.

"Kami tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, tidak berkerumun dan hindari mobilitas. Semua itu untuk kebaikan semua orang," ujarnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa (4/5) tercatat 6.213 orang di antaranya 5.751 orang dinyatakan sembuh, 352 pasien masih mendapat perawatan dan 110 orang meninggal dunia.

Peningkatan yang terjadi disebabkan, karena masyarakat abaikan prokes dan euforia warga yang sudah mendapat vaksin tahap ke 2. Padahal tak menjamin 100% mereka dari Covid-19 jika tidak mematuhi prokes. (OL-13)

Baca Juga: Pemkot Palembang Larang Shalat Idul Fitri di Masjid di Zona Merah

 

BERITA TERKAIT