04 May 2021, 14:00 WIB

GeNose Jadi Pilihan Tes Covid di Pelabuhan Makassar


Lina Herlina | Nusantara

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) mulai menggunakan layanan alat deteksi Covid-19 GeNose C19 di Pelabuhan Makassar, yang ditandai dengan peluncuran program oleh GM Pelindo IV cabang Makassar Enriany Muis, didampingi Otoritas Pelabuhan Makassar Bambang Gunawan.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Makassar, Enriany Muis mengatakan, penggunaan alat deteksi GeNose di pelabuhan sebagai alternatif selain swab antigen untuk penumpang yang ingin menggunakan moda transportasi kapal laut.

Pemberlakuan alat tes tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) dari Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Nomor 12 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

"Alat GeNose C-19 ini akan menjadi alternatif bagi penumpang yang melakukan perjalanan dengan kapal laut, selain swab antigen. Untuk layanan ini, biaya sebesar Rp40.000 per penumpang untuk sekali melakukan deteksi Covid-19," kata Enriany.

Tahap awal penumpang yang menjalani proses pemeriksaan GeNose yakni, Kapal Lambelu yang membawa sebanya 316 penumpang tujuan Baubau dan Larantuka.

Untuk pelabuhan, ada dua unit alat GeNose C-19 yang dioperasikan pihaknya di Pelabuhan Makassar, tepatnya di lantai 1 di pintu sebelum naik ke atas kapal.

Enriany berharap, dengan adanya GeNose memberikan alternatif bagi penumpang untuk mendukung pemutusan rantai penularan Covid-19.
 
Berdasarkan SE 25 Tahun 2021, persyaratan penumpang yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi laut wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimum 3x24 jam sebelum keberangkatan. Atau, hasil negatif Tes GeNose C19 di pelabuhan atau terminal yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimum 1x24 jam sebelum keberangkatan dan wajib mengisi e-HAC Indonesia.

Baca Juga: Penumpang di Pelabuhan Merak Wajib Tes GeNose C19

Adapun pemeriksaan GeNose C-19 dilaksanakan di pelabuhan pada hari H keberangkatan. Apabila pada saat tes GeNose C-19 di hari H ditemukan hasil positif pada calon penumpang, maka akan dilakukan pemeriksaan rapid test antigen melalui petugas tenaga kesehatan yang berwenang di pelabuhan.

Sementara itu, Kepala Otoritas Pelabuhan Makassar, Bambang Gunawan mengapresiasi kesigapan PT Pelindo IV cabang Makassar dalam menyiapkan tempat pemeriksaan GeNose. Pada kesempatan itu, Bambang Gunawan mencoba menggunakan alat tersebut dan hasilnya hanya butuh waktu 5 menit sudah mengetahui hasil pemeriksaan negative.

"Tentunya pemeriksaan ini sudah sangat bagus dan memang sudah sesuai aturan, untuk itu diimbau keseluruh penumpang agar menaati aturan yang ada. Termasuk senantiasa menerapkan protokol Kesehatan dalam beraktivitas di dalam Kawasan Pelabuhan Makassar," seru Bambang.

Hadirnya GeNose juga untuk mempermudah penumpang yang akan berpergian,bukan pulang mudik. Karena mudikkan kita sudah tidak ada lagi, maka untuk berpergian inilah salah satu syarat untuk mempermudah kondisi kesehatan kita dengan cara GeNose. (OL-13)

Baca Juga: Empat Pekerja Migran yang Pulang ke Jatim Positif Covid-19

 

BERITA TERKAIT