04 May 2021, 08:37 WIB

Kasus Aktif Covid-19 di Klaten Turun, Pasien Sembuh Meningkat


Djoko Sardjono | Nusantara

KASUS covid-19 di Klaten, Jawa Tengah, menunjukkan tren penurunan, Senin  (3/5). Kali ini kasus aktif turun menjadi tiga dari enam orang hari sebelumnya. Sementara angka kesembuhan pasien meningkat dari 33 menjadi 61 orang. Koordinator Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Covid-19 Klaten, Cahyono Widodo, mengatakan penambahan tiga kasus positif itu berasal dari wilayah Kecamatan Manisrenggo, Klaten Selatan, dan Klaten Tengah.

"Dari penambahan tiga kasus terkonfirmasi positif tersebut, satu orang di antaranya tertular dalam perjalanan di luar daerah, dan dua orang  lainnya terpapar saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten," imbuhnya.

Di sisi lain, penambahan pasien sembuh sebanyak 61 orang adalah pasien dari 12 wilayah kecamatan di Klaten. Mereka sebelumnya menjalani perawatan intensif di rumah sakit dan isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis. Menurut Cahyono, sekalipun dinyatakan sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal selama tujuh hari. Dengan begitu, diharapkan pasien yang baru sembuh itu bisa benar-benar kembali sehat.

"Kasus aktif terkonfirmasi covid-19, Senin (3/5), menunjukkan tren penurunan. Namun, angka kesembuhan pasien meningkat. Nah, untuk menekan kasus positif masyarakat diminta disiplin menaati protokol kesehatan," kata Cahyono.

baca juga: Kasus Covid-19

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Klaten melaporkan akumulasi kasus terkonfirmasi positif hingga kini mencapai 7.779 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 7.000 orang sembuh, 267 menjalani perawatan, dan 512 meninggal dunia.

Untuk pencegahan penularan covid-19, Cahyono mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Memakai masker, jaga jarak, kurangi mobilitas, hindari kerumunan, dan cuci tangan pakai sabun di air mengalir. (OL-3)

 

BERITA TERKAIT