04 May 2021, 07:13 WIB

Kodim Bersama Polres Klaten Berbagi Takjil Sambil Pantau Prokes


Djoko Sardjono | Nusantara

KODIM 0723 Klaten dan Polres Klaten (Jateng) membagikan takjil dan masker kepada masyarakat pengguna jalan, Senin (3/5). Pembagian takjil menjelang berbuka puasa itu dipimpin Dandim Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo dan Kapolres AKB Edy Suranta Sitepu. Kodim 0723 Klaten dan Polres menyiapkan 1.000 nasi boks dan 500 masker untuk dibagikan kepada pengguna jalan dan tukang becak.

Kegiatan sosial pembagian takjil dan masker sore itu dipusatkan di jalan raya depan Makodim 0723 Klaten (Jl Pemuda) dan sekitarnya. Dandim Letkol (Inf) Joni Eko Prasetyo menuturkan, bahwa pembagian takjil yang dilakukan adalah sesuai perintah Pangdam dan Kapolda.

"Sesuai perintah Pangdam IV Diponegoro, Kodim Klaten akan melaksanakan pembagian takjil lima kali menjelang Idul Fitri," jelasnya.

Selain membagikan takjil untuk membantu masyarakat, tujuan kegiatan sosial itu juga untuk mengecek penerapan protokol kesehatan.

"Kami juga mengecek tingkat kedisiplinan masyarakat menaati protokol kesehatan. Termasuk pemudik yang datang di Klaten,"  kata Joni Eko.

Sementara itu, Kapolres AKB Edy Sitepu menjelaskan pembagian takjil adalah kegiatan rutin Polres Klaten pada setiap bulan Ramadan.

"Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap bulan Ramadan. Tujuannya untuk membantu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa," imbuhnya.

baca juga: Larangan mudik

Kali ini, Polres dan Kodim 0723 Klaten membagikan takjil 1.000 nasi boks dan 500 masker kepada pengguna jalan di sekitar Makodim Klaten.

"Takjil yang kita bagikan serentak oleh Polres, Kodim, Polsek, dan Koramil hari ini sekitar  1.000 boks," kata Kapolres di Makodim Klaten.

Pembagian takjil ini bentuk kepedulian Polres dan Kodim 0723 Klaten untuk membantu masyarakat yang menjalankan ibadah puasa. Terkait larangan mudik Lebaran, Polres Klaten sudah menyiapkan pos penyekatan, yakni di Cawas, Delanggu, Jatinom, dan Prambanan.

"Kami akan mulai penyekatan 6-17 Mei 2021. Apabila kedapatan ada yang nekat mudik Lebaran, akan kami putar balik," pungkasnya. (OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT