03 May 2021, 17:03 WIB

Satgas Covid-19 Intensifkan Pengawasan ke Pusat Belanja


Lilik Darmawan | Nusantara

SATUAN Tugas (Satgas) Covid-19 Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), mengintensifkan pemantauan di pusat-pusat perbelanjaan menjelang Lebaran. Pasalnya, ada tren kenaikan jumlah pengunjung ke toko maupun mal.

Satgas Covid-19 Banyumas turun untuk memastikan protokol kesehatan (prokes) diterapkan. Kepala Bagian Kesra Setda Banyumas Suwondo mengatakan bahwa anggota Satgas Covid-19 secara rutin melakukan pengawasan di tempat-tempat yang potensial terjadi kerumunan, di antaranya pusat perbelanjaan.

"Dalam beberapa waktu terakhir, memang ada kecenderungan kenaikan jumlah pengunjung ke pusat perbelanjaan. Mereka yang datang umumnya telah disiplin mengenakan masker dan mencuci tangan. Namun, untuk jaga jarak yang masih harus terus dipantau," ┬Łkata Suwondo yang juga anggota Satgas Covid-19 Banyumas pada Senin (3/5).

 

Dijelaskan oleh Suwondo, pihaknya telah menjadwal masing-masing pejabat di organisasi pemerintah daerah (OPD) untuk melakukan pengawasan. Selain itu, ada dari satgas kecamatan hingga kelurahan. "Kami terus berupaya untuk melakukan pengawasan guna memastikan para pengunjung pusat perbelanjaan tertib," ┬Łujarnya.

Selain di pusat-pusat perbelanjaan baju dan kebutuhan pokok, pihaknya juga mengawasi pasar. Satgas Covid-19 berkeliling untuk melaksanakan pengawasan. "Kami hanya sebatas melaksanakan edukasi kepada warga khususnya pengunjung. Harus diatur jaraknya, meski mereka telah mengenakan masker dan cuci tangan," tambahnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT