03 May 2021, 14:29 WIB

Ratusan Pemudik Masuk Kebumen Langsung Dites Usap Antigen


Lilik Darmawan | Nusantara

POLRES bersama Pemkab Kebumen, Jawa Tengah (Jateng), mulai mulai melakukan penyekatan di jalur utama mudik. Hasilnya, pada Minggu (2/5) petang, ada dua bus yang membawa 132 mudik dicegat.

Para pemudik langsung dibawa ke Puskesmas Karangsambung, untuk dites usap antigen guna memastikan mereka tidak positif covid-19. Kapolres Kebumen Ajun Komisaris Besar (AKB) Piter Yanottama mengungkapkan bahwa pihaknya terus melakukan penyekatan di pintu masuk Kebumen.

"Begitu ada informasi mengenai pemudik yang datang dengan menggunakan bus, kepolisian melaksanakan pengawalan. Sebab, dua bus tersebut membawa 132 pemudik asal Desa Tlepok, Kecamatan Karangsambung.  Dari batas kota, polisi membawa rombongan ke Puskesmas Karangsambung," jelas Kapolres pada Senin (3/5).

 

Dikatakan oleh Kapolres, para pemudik yang datang ke Kebumen akhirnya dites swab antigen oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kebumen. "Para pemudik harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan yakni menjalani tes swab.  Ternyata, hasilnya semuanya negatif. Mereka diperbolehkan pulang ke  rumah masing-masing," ┬Łujar Kapolres.

Menurutnya, polisi masih akan terus melakukan penyekatan terhadap pemudik yang pulang kampung sebelum ada larangan mudik pada 6-17 Mei mendatang. Sebelum larangan mudik berlaku, polisi tetap akan melaksanakan penyekatan dan tes rapid antigen. (OL-14)

BERITA TERKAIT